Archive for the ‘My Mind (Curhatanku)’ Category

Design buku cinta..adakah yang punya ide..??   Leave a comment


Cover buku itu jadi salah satu hal terpenting dalam pembuatan sebuah buku, karena orang biasanya liyat dulu covernya baru isinya, nah kao covernya bagus, baru mereka tertarik. artinya hal pertama yang mesti aku seriusin itu cover, selain isinya juga penting sebenernya. untuk buku yang kedua ini aku masih bingung mau dibuat kaya apa design’a. pengennya si gak sesederhana buku yang pertama, soalnya buku yang pertama itu terlalu sederhana.

Buat Temen-temen yang punya ide soal design, tolong comment di sini ya and aku minta masukannya seperti apa design yang menarik. misal gambarnya, warnanya, atau tampilannya juga bisa, pokoknya apa saja yang berhubungan ama cover buku deech. buku ini bertema cinta, intinya ungkapan hati dan alasan kenapa seorang cowok lebih memilih meninggalkan ceweknya.  mungkin dari clue itu temen-temen udah paham yaa..?? kalo iya, tolong minta bantuannya yaaa, soalnya lagi bingung ni bikin design covernya. please ya temen-temen..minta bantuannya. comment di sini aja atau di fb q..:-)

Sebelum and sesudahnya aku ucapin makasih yaa…:-)

Salam sukses  yaa…:-)

 

Author

Heryan Ardhi Kusuma

Akreditasi PBI…Go PBI..Get The Bright Future..:-)   Leave a comment


Hari ini menjadi hari yang sangat mendebarkan buat aku khususnya dan tentunya buat teman-teman seperjuanganku di PBI UAD. kenapa bisa gitu..??hari ini akreditasi yang kedua buat PBI akan dilaksanakan. segala bentuk persiapan baik itu tekhnis ataupun non tekhnis sudah disiapkan, dan kini gilirannya dievaluasi. akreditasi ini jadi mendebarkan soalnya kita inget akreditasi kemarin PBI harus nerima kenyataan bahwa akreditasi untuk PBI itu kurang baik. sangat disayangkan memang, namun aku sebagai salah satu bagian di dalamnya gak pernah ngrasa minder dengan nilai akreditasi itu. yang penting kualitas dosen dan mahasiswa mumpuni, pasti kualitas cetakannya pun tidak kalah bersaing. aku berani menyebut bahwa tidak semua mahasiswa PBI yang terakreditasi kurang baik punya mutu yang kurang baik pula. aku sangat GAK SETUJU dengan pernyataan itu. kita semua punya kualitas yang sama bahkan lebih teman dengan teman-teman kita di luar sana, hanya bagaimana kita bisa memanfaatkan segala kualitas itu dengan baik semampu kita. aku yakin bahwa kita bisa. kita masih bisa bersaing dengan para lulusan Universitas lain yang notabene favorit. kita bisa bersaing bahkan kita bisa kalahkan mereka andai kita mau keluarkan kualitas kita dari belenggu akreditasi.

Memang banyak orang yang memandang kualitas mahasiswa itu dari akreditasi. tapi apakah kita hanya terpacu dengan akreditasi saja..?? apakah ketika kita mendapat akreditasi yang sempurna itu menunjukkan bahwa kita sempurna..??apakah dengan itu kualitas kita sempurna pula..??aku rasa tergantung. ketika akreditasi sudah sangat bagus, tapi proses belajar di dalamnya masih sangat biasa, dan mahasiswa tidak mau berkembang aku pikir itu sama saja. di luar sana pun nantinya kita akan sulit untuk bersaing. karena sekali lagi pada dasarnya akreditasi itu hanya sedikit mempengaruhi kualitas belajar kita. memangnya nanti yang bersaing itu akreditasinya..?? mungkin secara tekhnis iya, karena segala fasilitas dan kualitas dosen mumpuni, tapi kalo kualitas mahasiswa sendiri tidak pernah dipupuk aku pikir sama saja. karena kita tahu, proses belajar di kampus itu hanya menyumbang 30% saja untuk keberhasilan sebuah proses belajar, sedangkan 70% nya ada di luar, yaitu keaktifan mahasiswa mencari sumber di luar kampus. terbukti kan, dengan itu berarti akreditasi kampus pun hanya berperan sekitar 30%, karena peran utama pembentukan kualitas adalah diri sendiri. semakin kita  mencari kualitas dan mengembangkan kualitas diri, maka semakin mudah bersaing di masa depan.

Namun, memang tidak bisa dipungkiri bahwa akreditasi itu penting, akreditasi yang bagus maka akan mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, jadi gak ada salahnya kita terus berusaha memperbaiki akreditasi yang kita miliki dengan harapan kualitas PBI UAD semakin baik dan akan mendorong motivasi mahasiswa untuk semakin semangat belajar yang nantinya akan menciptakan mahasiswa yang  berkualitas dengan moral yang tiinggi dan mampu bersaing dengan pesaing di laur sana.

Semangat PBI..aku selalu mencintai semua yang ada di PBI. semoga kan selalu sukses dan maju..we will support everything related to PBI, because we love PBI..Get the bright future for PBI and Students of PBI..:-)

Si Cerdas Raditya Dika..:-)   Leave a comment


Kalian tahu siapa penulis buku Kambing Jantan dan Cinta Brontosaurus kan..??siapa lagi kalo bukan Raditya Dika..

Hari sabtu kemaren ini jadi hari spesial aku selain hari-hari spesial lainnya..soalnya penulis buku, bintang film sekaligus iklan tersebut dateng ke kampus tercintaku UAD. dia dateng buat ngisi Talkshow dengan tema “senamkan jarimu, bugarkan dompetmu”. tau gak kalian pada apa yang radit pikir ketika naik ke atas panggung dan baca tema itu..” senamkan jarimu, bugarkan dompetmu..loe kira ni talkshow buat pelatihan jadi copet apa..!!!” hahaaa gak heran kalo seluruh peserta talkshow di dalem gedung langsung pada ketawa maksimal semua. liyat saja ekspresi seorang raditya dika. dia gak ngomong aja udah lucuu..haahaa..:-D

Yang jadi special buat aku, hampir dari detik pertama mpe detik terakhir itu si radit ngomongnya kagak bisa nahan..pengennya ketawaaa mulu. omongan-omongannya yang khas berbau komedi, gerak-geriknya yang mondar-mandir seakan-akan gak tau kalo dia lg di shoot, and bajunya itu yang selalu jadi bahan ketawaan. dia dateng ke acara itu tuh pake kaos oblong, dilengkapi ma jaket warna PINK. haahahaaa, tambah konyol aja tuh orang, ngomongnya si bangun kesiangan jadi asal ambil ajee..tapi kox kayaknya emang udah niat yaa..haahaa..

lanjut lagi, pas baru mulai talkshow, si radit ngomong gini “sumpah ini talkshow  yang paling rame selama gue talkshow. biasanya itu yang dateng cuma 5 orang. di talkshow pertama 5 orang, talkshow kedua 5 orang, 3 juga 5 orang, bahkan gue nyampe apal tuh orang 1 per 1.. ada bokap guee, nyokap guee, adex guee..” hahaaa..sontak peserta gak bisa nahan ketawanya kalo ngliyat ekspresi dia..dengan muka kaya orang blo’on si radit ngomong apa adanyee..persis kaya di buku-bukunya, ngomong asal ngomong aja..:-D

Gilanya, si radit itu cepet banget ngubah kegelisahan orang jadi humor. kemaren itu, ada seorang peserta yang hadir, dia disuruh maju and  cerita soal kegelisahannya. si peserta ngomomg gini ” gue itu gak habis pikir, kos-kosan gue itu jelas-jelas udah ada tulisan tidak boleh membawa cewek ke kamar. tapi kx ya masih adaa aja cowok yang bawa ceweknya ke kamar. anehnya lagi, tiap kali si cewek mau dan habis dari kamar mandi, cewek itu cuma pake handuk ajaa..gue bener-bener gak habis pikir….”

kalian tahu jawabannya radit apa..??

sambil teriak “heh dimana tuh kos-kosan loo..gue mau mampiiirr…!!!” haahahaahaaa..:-D

orang lagi cerita serius-serius kx malah di ajak bercanda. cuma radit aja yang gituu..coba dech dibayangin mukanya yang plintat-plintut gituu..heehee( piss radit..) 😀

yaaaah begitulah si Raditya Dika, selalu memunculkan humor tersendiri di antara masalah hidupnyaa.. tapi cerdas sekali, bahkan dia bisa membuat sebuah humor spontan ketika peserta maju menceritakan masalahnya. tanpa berpikir panjang, langsung dech jadi bahan guyonan..heeeeeeh gila-gilaan.. gak sia-sia pokoknya ikut talkshow bareng Raditya Dika, sebuah pengalaman baru dan tentunya Ilmu baru. itu yang penting.

oia ada satu lagi yang penting.. foto bareng and tanda tangan raditya dika juga hal yang sangat penting…wkwkwkwkwk..:-D

Jadi Penulis Indie..Siapa Takut..??   Leave a comment


Jadi seorang penulis memang susah-susah gampang. kita merasa sulit kalo baru awal-awal mulai menulis, tapi merasa gampang ketika kita udah mulai terbiasa menulis. artinya tinggal kemauan kita saja, apakah kita mau atau tidak. Sebut saja kita seorang penulis Indie yang menciptakan tulisan sendiri sebagai penulis pemula. permasalahan yang sering muncul biasanya bagaimana cara menuangkan ide untuk topik yang akan kita buat. sekali lagi, kemauan kita memungkinkan semuanya. ketika kita mau, maka tuliskan saja apa yang ada di otak kita, jangan dipikirkan dulu apakah itu bagus atau tidak, nyambung atau tidak, yang penting ide kita tertuang. masalah nyambung atau tidaknya nanti bisa diselesaikan di tahap pengeditan. di sanalah kita bisa mengetahui apakah nyambung atau tidaknya. jadi pada tahap awal ini tuliskan dulu ide kita, kemudian mulai menyusun kalimat-kalimat yang sekiranya mendukung ide kita. kembangkan ide kita dan yakinkan bahwa pengembangan ide kita ini tidak keluar dari ide, karena kebnayakan orang ketika menulis dan merasa asyik dengan tulisannya, mereka tidak memperhatikan lagi apakah keluar dari ide atau tidak. nah inilah yang harus dihindari. kalau perlu kita siapkan dahulu kerangka berpikir kita dengan tujuan untuk membatasi pengembangan ide, shingga kita tetep pada tataran ide.

Bagi penulis pemula, mungkin hal-hal semacam itu akan mennjadi sangat sulit. begitu pun dengan aku, aku yang juga sebagai penulis pemula selalu kebingungan ketika tulisanku lama-lama tak sejalan dengan ide. namun itu biasa teman, hanya butuh latihan saja. yang jelas, sebagai penulis yang baru, jangan takut dan genggsi untuk memamerkan tulisan kita. tunjukkan saja kalau kita ini sudah mempunyai niat dan usaha untuk jadi seorang penulis, dari situ aku yakin akan terbentuk motivasi yang luar biasa. apalagi kalau tulisan kita diberi tanggapan atau feedback dari yang membaca tulisan kita, luar biasa bahagianya, meskipun itu hanya untuk 1 orang yang berkomentar.

 

Jadi sebagai para aktifis pena, lanjutkan semangat kita..jangan tersingkir dengan gurauan orang-rang atau cemooh dari mereka. justru jadikan itu sebgai motivasi untuk prestasi kita ke depan. aku senang ketika melihat penulis sukses berawal dari hal semacam ini, bukan penulis yang sukses karena nama di belakangnya.

Beda Cinta dan Kagum   5 comments


Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa kalau sudah merasa suka dan seneng sama orang lain( ce/co) itu namanya cinta dan mereka ini sering menilai hati mereka ini sedang jatuh cinta. padahal kalo temen semua tahu and pernah rasain, orang kagum juga punya rasa yang sama lhooo..ada rasa seneng ketika ketemu and ada rasa tertarik ketika memandang.

hati-hati teman..!!jangan sampai kalian keliru memaknai perasaan kalian. bisa-bisa nanti salah arah lagi. lalu gimana cara kita membedakan apa yang kita rasa ini cinta apa kagum..??

nah ini yang mau kita bahas. yang namanya orang jatuh cinta itu tidak bisa ditebak dengan waktu n keadaan.jadi cinta itu tidak bisa kita tebak kapan kita akan merasakan cinta dan keadaan seperti apa yang membuat kita bisa merasakan cinta. tidak bisa seperti itu.  cinta itu tumbuh dari dalam hati yang terbuka dan terdalam dan cinta ini berkembang seiring jalannya waktu. ketika seseorang merasa cinta pada orang lain, maka perasaan itu akan mengembangkan perasaannya. ketika seseorang jatuh cinta, maka tak ada yang bisa mengganggu perasaannya kecuali cinta yang dirasakan tadi. seakan-akan cinta itu yang sudah menenggelamkan hatinya untuk satu orang dan itu waktunya lama. jadi orang yang merasakan cinta pasti perasaan itu akan lama mengembang dan nantinya tenggelam di dalam hatinya. inilah yang aku maksud akan lama menetap di hati.dari rasa itulah nantinya terbentuk rasa ingin memiliki yang sangat tinggi dan rasa sayang yang luar biasa. sehingga rasa sayang itu yang akan membuatnya bertahan lama menyukai seseorang.

sedangkan kagum itu hanya sebuah perasaan seneng dan tertarik dalam waktu yang singkat. kenapa dibilang singkat..?? karena pada dasarnya rasa kagum itu cuma perasaan yang numpang lewat di hati kita aja. ketika kita merasa kagum, yang kita rasakan itu hanya saat kita melihat sosok yang dikagumi saja, dan ketika dia tidak ada di depan mata, itu akan menjadi biasa. inilah yang aku maksud dengan perasaan yang numpang lewat. ketika kita merasa kagum dan tertarik dengan seseorang, tidak ada rasa ingin memiliki yang sangat tinggi di dalam hati kita, sehingga rasa sayangpun tidak akan tumbuh dan berkembang di dalam hati. Saat semua itu terjadi maka rasa kagum itu hanya sesaat saja di hati kita.

lalu sekarang masalahnya banyak orang yang menyangka bahwa perasaan seneng yang dia punya itu sebagai cinta. kalo untuk ini, balik lagi dech ke bahasan di atas.intinya cinta itu akan bertahan lama di hati kita dan kagum itu hanya mampir saja di hati kita, walaupun pada awalnya mereka mempunyai rasa yang hampir sama. lihat saja, ketika orang merasa cinta, maka perasaan itu akan awet,tapi ketika orang hanya kagum, maka kekaguman itu lama-lama akan hilang. itulah beda diantara keduanya.

Posted October 31, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in My Mind (Curhatanku)

My Book “Welcome for Love”   Leave a comment


Dalam menjalin sebuah hubungan, khususnya cinta, banyak banget hal yang perlu kita perhatikan untuk jadiin hubungan kita ini hubungan yang baik atau hubungan sesuai harapan kita. dalam menjalin sebuah cinta, kita tidak boleh hanya memikirkan indahnya saja tanpa tahu masalah yang bakal kita hadapi. Karena jika kita seperti itu, secara mental kita belum siap untuk menjalin cinta kita ini. perlu diketahui juga, akan ada masalah yang akan dihadapkan pada kita saat kita menjalin cinta itu. Kita tidak hanya akan dihadapkan pada 1 masalah, tetapi bermacam-macam masalah.

Perlu temen- temen ketahui juga, bahwa masalah-masalah yang akan dihadapkan pada kita nantinya saat kita menjalin cinta kita ini bukan menjadi sebuah permasalahan yang besar. Tetapi dari masalah itulah kita akan menjadi semakin dewasa, karena masalah itu akan memberikan kita banyak sekali pembelajaran hidup fren. And gak Cuma itu, semua yang kita dapetin nantinya ini memberikan kita pelajaran untuk bagaimana kita tahu cara menyelesaikan sebuah masalah tanpa menggunakan emosi kita, kita bisa berlatih untuk mencari solusi dalam sebuah permasalahan dan lain-lain. Dari situlah kita akan mendapatkan sebuah pemikiran yang berkembang dari sebelumnya. Oleh karena itu, dijelaskan disini banyak hal-hal yang perlu kita tafsir and kita tahu.

Sakit hati..   2 comments


Sakit hati..??( bukan liver lhoo..hheehe.. ) itu penyakit yang hampir sama kaya cemburu. Dua – duanya saling berhubungan, banyak orang yang sakit hati karena cemburu and cemburu itu emang buat kita sakit hati. Sakit hati bisa dirasain sama siapa saja yang merasa dirinya sakit karena cinta. Sekali lagi, sakit hati juga gak Cuma dalam hal cinta, tapi kita balik ke topic yang lagi dibicirain saja yaa..

Sakit hati ini secara gak langsung bias ngrubah sikap kita lho fren. Sama halnya kaya cinta, sakit hati juga punya efek. Sikap yang bisaanya kita jalanin itu kadang berubah dengan sendirinya. Mungkin ini pengaruh dari pikiran kita karena sakit hati itu. Kebanyakan orang itu kalo lagi ngrasa sakit hati pikirannya yaa Cuma penyebab dia sakit hati itu, emm.. bisa kita katakan dengan “ murung “. Tapi tergantung orangnya juga si fren, ada juga orang yang kalo lagi ngrasa sakit hati itu kegiatanna cuma marah – marah gak jelas, yang tahu Cuma dia and si dia.. ada juga yang cuex, gak peduli ma apa yang lagi dia rasain. Tapi sekali lagi itu tergantung orangnya. nah disini aku mau berusaha ngasih saran biar temen2 gak terlalu berlebihan ketika lagi ngrasa sakit hati.

Sakit hati emang gak enak banget buat dirasain ya fren, and aku si wajar kalo temen2 nyampe sebel. Tapi sekarang balik lagi dc, apa kita mau terus – terusan mikirin sesuatu yang udah terjadi itu, apa dengan kita memikirkan hal yang buat kita sakit itu kita bisa menyelesaikan masalah itu. Gak kan fren..?? yang perlu kita pikirkan, apa si yang ngebuat kita jadi ngrasa kaya gini,  kenapa si dia tega buat kita sakit hati, kenapa si hal seperti itu saja bisa bikin kita berubah gini..?? and apa yang harus kita lakuin buat nyelesein ini..?? itu yang harus kita pikirkan.. kenapa aku bilang itu yang harus dipikirkan..?? ya jelas lah fren, mungkin bisa saja seseorang buat kita sakit hati karena sikap kita sendiri, atau mungakin karena kita yang terlalu berlebihan menanggapi sesuatu.. iya kan fren..??

naah sesuatu yang berlebihan emang gak bakal baik. Untuk itu sebelum kita memikirkan lebih jauh lagi, ayo lah kita instropeksi diri kita dulu, apa bener yang lagi kita rasain ini. kalau emang bener, kita pikirin rasa kaya gini karena diri kita sendiri yang buat apa bukan. jangan sampai kita egois, Cuma mikirin perasaan kita sendiri tanpa tahu penyebabnya. okee teman..??  walaupun bertele2 tapi kalau kita bisa insya Allah baik kok. nah makannya setelah temen – temen baca ini, ayox kita kurangin pikiran jelek yang bikin kita sakit hati. Kali sajaa itu gara – gara kita sendiri. Iy kan..?? kalau itu gara – gara kita sendiri kan kita bisa instropeksi diri kita biar kita gak bikin masalah kaya gitu lagi and kita lebih baik. Lagi, coba setiap masalah yang bikin kita sakit hati itu kita obrolin bareng ma pasangan kita, jangan kita bareng kalau lagi seneng – seneng saja, tapi pas lagi kaya gini juga perlu bareng tuh.. betul betul betul..??

Itu saran aku fren…moga bisa diterima yah..??amiin..hheehe..

Posted June 24, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in My Mind (Curhatanku)