Archive for the ‘Materi Kuliah’ Category

Download Materi Kriteria Memilih Textbook..Disini aja..   Leave a comment


Download Disini..

Buku pegangan untuk guru dan siswa ternyata tidak hanya mempunyai beberapa kelebihan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan. buat temen-temen mahasiswa bahasa inggris atau yang mata kuliah lain, pastinya perlu tahu donk apa si kelebihan atau keuntungan dan kekurangan dari buku pegangan?? khususnya buat para calon guru yang nantinya bakal butuh buku pegangan, gak ada salahnya buat mempelajari kedua hal itu.

di artikel ini, aku udah sediain beberapa penjelasan mengenai textbook dan lebih kurangnya dari textbook itu..

silakan download aja di sini..

Choosing a course book (memilih buku pegangan pengajaran)

Textbook [Compatibility Mode]

jika ada tambahan atau komen silakan beri komen temen-temen di bagian komentar..thank you, guys..

sukses selalu..:-)

 

Posted April 23, 2012 by Heryan Ardhi Kusuma in Materi Kuliah

Metode Penyampaian Pembelajaran Matematika   Leave a comment


Matematika merupakan sebuah bidang studi yang selama ini masih dianggap momok bagi sebagian siswa, baik itu dari tingkat sd, smp, sma, bahkan universitas. tidak dipungkiri bahwa matematika memang menjadi salah satu pelajaran yang lebih sulit dibanding pelajaran yang lainnya. ada beberapa alasan yang menekan pemikiran siswa bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, salah satunya adalah anggapan bahwa matematika merupakan kumpulan rumus-rumus yang sulit dihapalkan, matematika tidak hanya mengandalkan logika saja, tetpi kecermatan dalam mengerjakan. sebenarnya hal-hal semacam itu bisa diminimalisasi oleh para guru, agar siswa tidak terlalu berpikir bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, salah satu solusinya adalah metode penyampaiannya. penyampaian sebuah materi  memiliki peranan yang penting di dalam sebuah pembelajaran. penyampaian yang kaku, akan mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, sebaliknya penyampaian yang luwes dan atraktif akan membuat siswa tertarik untuk mengikutinya. Ketertarikan inilah yang membuat siswa menjadi lebih berminat dalam mengikuti pembelajaran.

Ada beberapa cara penyampaian materi pembelajaran matematika, seperti :

a. interaksi antara guru dan siswa

interaksi yang berjalan di sini adalah antara guru dan siswa. dalam hal ini ada beberapa metode yang bisa digunakan, seperti metode ceramah, yaitu guru menyampaiakan materi di depan anak didiknya, kemudian ada metode diskusi, dimana guru di sini perannya adalah sebagai pembimbing dan siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga siswa bisa menambah pengalaman mereka dalam menerima sebuah materi pelajaran. selain itu siswa juga bisa diberikan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai, sehingga siswa akan lebih tertantang dan tertarik terhadap materi pembelajaran yang sedang diajarkan.

b. interaksi siswa dan materi

interaksi di sini berarti bahwa siswa berinteraksi langsung dengan materi yang diajarkan. siswa dalam hal ini diharapkan bisa menemukan sebuah konsep abru melalui materi yang diberikan oleh pengajar, dengan diberikan contoh konkrit yang sesuai dengan materi. materi disini bisa berupa rumus-rumus yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga siswa bisa memahami konsep rumus atau formula ini dengan mudah

dengan kedua metode ini, diharapkan siswa kana lebih tertarik dengan suasana pembelajaran matematika dan akan menumbuhkan motivasi belajar matematika di dalam pola pikirnya, sehingga tidak ada lagi pemikiran bahwa matematika adalah pelajaran yang susah, melainkan pembelajaran yang menyenangkan.

 

Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Penggunaan Media Pembelajaran   Leave a comment


Media pembelajaran akhir-akhir ini menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan, karena memang kemajuan tekhnologi memaksa kemajuan kualitas pendidikan pula..salah satu cara yang bisa kita lakukan utnuk mengimbangi pola kemajuan tekhnologi dalam dunia pendidikan adalah dengan penggunaan media pembelajaran. media pembelajaran sendiri memilik banyak sekali manfaat di dalam proses pembelajaran, begitupun dengan fungsinya. bentuk media pembelajaran juga bermacam-macam, tinggal kita sesuaikan saja dengan kondisi di dalam kelas kita.

untuk penjelasan lebih jauhnya mengenai apa itu media pembelajaran, apa manfaatnya, dan apa saja bentuknya, silakan download saja filenya di sini Artikel Media Pembelajaran

beri komen untuk kesalahan-kesalahan di dalam artikel teresebut, atau bisa juga berikan saran dan kritik. terima kasih..:-)

Soal Bahasa Inggris SMK Perhotelan..   Leave a comment


aku bingung ni sebenernyaa..soal SMK Perhotelan itu kaya apa sebenernya..kalo soal SMK umum si aku punya referensinyaa..tapi kalo untuk SMK perhotelan kx gak ada yaa..

ni aku ada materi soal, aku dapetinnya si dari kata kunci soal SMK perhotelan..tapi belum tahu pasti apakh bener seperti ini apa gak..mudah-mudahan aja bener.

coba download di sini..

Soal latihan SMK (Klik di sini)

tolong di komen yaaa..??bener apa gak..:-)

kalo masih belum tepat..i’m so sorry..:-)

Posted December 18, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in Materi Kuliah

Materi TEFL(Teaching English as a Foreign Language)..Download Disini..:-)   2 comments


Buat mahasiswa bahasa inggris pasti tahu donk apa itu TEFL..?? yaa, Teaching English as a Foreign Language. jadi dalam bahasa Indonesia, TEFL itu mengajarkan bahasa inggris sebagai bahasa asing. kenapa kok sebagai bahasa asing, tidak sebagai bahasa nasional atau bahasa kedua saja..??

Inget temen-temen, kita hidup di Indonesia, kita punya beragam bahasa daerah, inilah bahasa pertama kita atau di ilmu bahasa biasa disebut bahasa ibu,  kemudian tentunya bahasa kesatuan yaitu bahasa Indonesia. bahasa indonesia inilah bahasa kedua kita. kalian tahu kan isi sumpah pemuda..??salah satu diantaranya berisi bahwa bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia. jadi kita gak mungkin bisa jadiin bahasa inggris jadi bahasa kedua kita. bahasa kedua kita ya bahasa Indonesia itu sendiri. kalo mau jadiin english as second language ya berarti kita harus hapus sumpah pemuda, dan rasa-rasanya tidak mungkin. ajdi di Indonesia, bahasa inggris diajarkan sebagai bahasa asing saja. tidak seperti di malaysia, singapura dan thailand dimana bahasa inggris lah bahasa kedua mereka. untuk itu, muncul sebuah gagasan untuk membuat apa yang namanya TEFL.

Ada beberapa theory tentang TEFL ini, juga ada beberapa metode dan juga lengkap dengan pendekatan yang harus diperhatikan ketika kita mengajar bahasa inggris. nah untuk itu, di halaman ini, kalian akan mendapatkan beberapa informasi mengenai apa itu TEFL, bagaimana metode dan pendekatan yang dilakukan ketika mengajar, kemudian kalian juga akan mendapat hal-hal baru begitu pula  pengalaman baru di dalam mengikuti TEFL.

Silakan download saja di sini..
http://www.ziddu.com/download/24302913/INTRODUCTION_TO_TEFL.pptx.html

INTRODUCTION TO TEFL

untuk informasi mengenai TEFL lainnya silakan klik link di bawah ini..

The Oral Approach and Situational Language Teaching

Mother tongue, Second Language, foreign Language

bagan tefl

How to Teach Grammar..   Leave a comment


Buat temen-temenq yang pengin tahu gimana si cara kita ngajarin Grammar ke anak didik kita, khususnya anak kecil, silakan klik saja link ini dan mari belajar bersama. jadikan generasi muda sebagai generasi berkualitas. klik link di bawah ini….!!

Teaching Grammar

selamat belajar dan mencoba. semoga sukses selalu. salam sukses buat kita semua.

Posted December 16, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in Materi Kuliah

Mahasiswa kox gak kuliah…   Leave a comment


temaaan..apa si penyebab mahasiswa sekarang ini kebanyakan pada males bernagkat kuliah..?? apa karena mereka main..?? apa karena mereka sakit..?? atau apa..?? karena sekarang ini banyak sekali mahasiswa yang kuliah itu hanya sebagai formalitas saja. dulu waktu awal emang iya niatnya mau kuliah biar nanti selesai kuliah bisa langsung kerja..itu harapan banyak mahasiswa kaaan..?? nah tapi kenapa kx udah di tengah-tengah perjalanan, justru banyak mahasiswa yang males berangkat kuliah..??

setelah saya tanya ke beberapa mahasiswa, ternyata kebanyakan dari mereka tidak masuk kuliah karena males. kok bisa yaa..??kuliah kok males..?? ada yang beralasan katanya jamnya gak pas..ada lagi yang bilang, karena jadwalnya rentang-rentang..misal ada kuliah jam 1-2, nanti ada kuliah lagi tapi harus nunggu mpe jam ke 7-8..itu jadi alasan buat mereka. sekarang gimana kalian bisa cepat selesai dan cepet kerja kalau kalian saja modelnya begini. orang yang rajin kuliah saja belum tentu mereka bisa cepat selesai..

sebaiknya kalian ingat lagi tujuan kalian masuk kuliah dulu. kemudian ingat lagi bahwa orang tua kalia sudah bekerja keras untuk membiayai kuliah kalian. ingat orang tua kalian bekerja keras semampu mereka, dengan umur yang sudah tidak lagi muda dan kuat seperti dulu lagi, tapi mereka masih mau bekerja keras membenting tulang mereka hanya karna ingin anaknya bisa kuliah dan sukses nantinya. jadi jangan sia-siakan pengorbanan orang tua kalian. buktikan kalau kalian bisa menjadi seperti apa yang mereka inginkan.

sebagai mahasiswa, buktikan semangat kalian. kuliah yang rajin. bawalah bekal untuk masa depan kalian. karena semakin banyak kalian membawa bekal, maka semakin cepat kalian mendapat pekerjaan. ingat lagi bahwa persaingan nantinya dalam dnia kerja akan sangat keras. jadi majulah selangkah didepan orang yag malas… Hidup Mahasiswa…!!!

Posted October 17, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in Materi Kuliah