Pengaruh google dan search engine terhadap kreatifitas mahasiswa   Leave a comment


Google merupakan sebuah web penelusuran terpopuler di dunia. terbukti, Jutaan orang  mengunjungi web tersebut setiap harinya. eksistensi google sebagai web terpopuler pun tak bisa dipungkiri lagi.  Hal itu tak terlepas dari beberapa kerjasama yang dilakukan pihak google dengan perusahaan-perusahaan lain guna mengembangkan kualitas dan jangkauan google. Salah satunya adalah dengan pihak blog. para penikmat blog, yang ingin membuat atau mempromosikan blognya, diharuskan memiliki google account. google account inilah yang melegalkan blog para pecinta blog di dunia. kemudian, Para blogger inilah yang meramaikan isi situs google saat sekarang ini. Ribuan artikel dari para penulis blog tampil di dalam situs terbesar tersebut, bersaing dengan para penulis lain,dengan ribuan topik dan wacana yang beragam.
Tulisan-tulisan di google inilah yang menjadi tujuan utama para pengunjung google guna mencari data dan informasi yang mereka perlukan. dan perlu diketahui juga bahwa salah satu dari sekian banyak kalangan pengunjung adalah kalangan mahasiswa.

Mahasiswa merupakan tingkatan pelajar paling tinggi. mereka adalah para pelajar di sebuah universitas.

Lalu apa kaitan antara google dan mahasiswa..??
Apa akibat dari keterkaitan antara google dan mahasiswa??

Seperti yang sudah diulas tadi,bahwa google memiliki ketersediaan beragam materi dan wacana yang ditampilkan. kemudian Mahasiswa sendiri adalah tingkatan pelajar tertinggi. Mahasiswa sebagai salah satu pengguna internet tentu sudah tidak asing lagi dengan situs google.  tugas kuliah, mencari jurnal dan artikel,bahkan urusan menyangkut keperluan pribadi bisa dicari dan diunggah dari situs tersebut. Ketika merasa kesulitan mencari bahan tugas misalnya,mahasiswa bisa mencarinya langsung disana. Pun dengan jurnal atau artikel,semua bisa mereka dapatkan disana,tanpa harus bersusah payah mencari buku-buku terkait. Hanya tinggal menghidupkan komputer atau laptop, sambungkan ke internet ,maka mereka bisa menyambung ke situs google dan mencari apa yang diperlukan..Gampang bukan??

Di satu pihak,cara itu memang sangat membantu mereka, tapi di pihak lain,ada kontroversi yang muncul terkait dengan hal ini.
Berkurangnya minat mahasiswa dalam membaca buku menjadi salah satu alasan kontroversi tersebut. Bagaimana tidak..??dengan kemudahan akses seperti itu,mereka bisa mendapatkan bacaan atau materi yang mereka inginkan. Mahasiswa terasa sangat dimanjakan dengan hadirnya situs tersebut. Berbeda dengan buku,mereka harus mencari dan menemukan buku yang benar-benar sesuai dan harus membacanya secara detail lembar per lembar. Jika dibandingkan dengan google,maka terasa jauh perbandinganya dalam hal efisien waktu. Namun, jika google sudah dijadikan sebagai satu-satunya pegangan mahasiswa,maka itu akan menurunkan tingkat kreatifitas mahasiswa. Kenapa bisa demikian? Google telah menyediakan beribu-ribu wacana,dan wacana-wacana itu biasanya sudah dalam bentuk tulïsan utuh. Mahasiswa dalam hal ini akan dengan sangat gampang mengcopy paste tulisan tersebut,bahkan ada yang secara mutlak menggunakan tulisan-tulisan itu untuk memenuhi kebutuhan tugas dan lain-lain tanpa mengubah sedikitpun kata-kata di dalamnya.  salah satu akibatnya adalah rasa malas yang ada di diri mahasiswa itu sendiri. mereka akan menganggap enteng tugas-tugas dan urusan yang diberikan ke mahasiswa sendiri. intinya mereka akan menganggap bahwa semua jawaban ada di google, tinggal copy and paste, selesailah tugas mereka. Jika seperti ini,bagaimana itu tidak menurunkan tingkat pemikiran dan kreatifitas mahasiswa. mari kita bandingkan dengan buku. Mahasiswa yang mencari tugas melalui buku,kemungkinan besar mereka mencari lebih dari 1 buku untuk dijadikan referensi. Dari beberapa buku tersebut,mereka akan membaca secara detail seluruh tulisan dan akan dicari tulisan yang sesuai dengan tugasnya. Kemudian dia mulai mencatatnya,dan kembali membaca untuk menemukan bacaan lain yang juga sesuai. Dari cara itu,secara tidak langsung kita mulai melatih otak kita untuk berpikir dan berkembang. sebagai mahasiswa kita masih bisa memanfaatkan daya otak kita untuk mengingat, memahami dan berkreasi, karena pada dasarnya adalah bahwa usia ketika kita menjadi mahasiswa adalah usia produktif untuk berbgai hal. oleh karena itu, diharapkan di masa ini kita diharapkan bisa mengembangkan dan melatih otak kita untuk berpikir kreatif. membaca buku adalah salah satu cara kita melatih otak kita untuk berpikir.

so, sekarang udah tahu kan, apa kaitannya antara google  dengan kreatifitas dan cara berpikir mahasiswa..??

intinya, kita si boleh aja mencari bantuan dari google. gak ada salahnya memang, karena dengan adanya google kita akan terbantu. cuma itu akan menjadi masalah jika kita menanggapi dan menganggap bahwa google adalah satu-satunya jalan keluar untuk masalah tugas kita. karena pada dasarnya google hanyalah pembantu kita saja, bukan sebagai satu-satunya sumber yang bisa kita gunakan. masih ada buku, jurnal, dan masih banyak algi yang bisa kita jadikan sumber. betul bukan..??

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: