Pengaruh karakter pendidik terhadap keberhasilan anak didik dalam proses belajar mengajar dikaitkan dengan karakter peserta didik   Leave a comment


Kalo temen2 yg bca judul td adalah para pneliti,pikiran prtama yg muncul mungkin itu merupakan judul penelitian..bener gak??

Memang benar,itu sebuah penelitian. Kenapa itu disebut sebuah penelitian? Karena penulis memuat judul di atas berdasar pengamatan penulis sendiri,dan itu muncul karena ada permasalahan yang muncul dari sebuah kondisi,yang mana perlu dimunculkan dan diselesaikan masalahnya..
Kalau merujuk pada pengertian penelitian itu sendiri,penelitian merupakan sebuah studi ilmiah yg diadakan untuk mengungkap permasalahan yang muncul dan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
So,judul tadi bsa dkatakan judul penelitian kan?

Ya,penulis memuat masalah ini berdasar pengamatan penulis sendiri yang saat ini masih menjadi mahasiswa.
Pengamatan penulis menunjukan bahwa banyak sekali mahasiswa yang berebut mencari dosen untuk mengampu kuliahnya. Ada apa..??kenapa mereka memilih2 kelas dan memilih dosen sendiri?
Ini yang menjadi pertanyaan kunci penulis untuk sedikit mengungkap permasalahan tersebut.

Dari pengamatan yang dilakukan,sebagian mahasiswa memilih untuk mencari kelas dan dosen sendiri karena adanya ketidakcocokan terhadap guru yang bersangkutan. Ketidakcocokan itu berasal dari karakter guru dan dosen itu sendiri. Banyak mahasiswa yg menghindari dosen dengan karakter tegas,dan disiplin,ada juga yang menghindar karena galak..tapi ada juga yang justru mencari dosen yang seperti itu dan menghindari dosen yang lembut dan santai dalam mengajar. Perbedaan perbedaan itulah yang menjadi tolak ukur. Dari pengamatan yang penulis lakukan, karakter guru memang sangat mempengaruhi minat peserta didik mengikuti kuliah yang diampu. Karakter guru memberikan efek juga terhadap hasil blajar siswa. Seorang siswa yang memiliki karakter disiplin dan tegas akan senang mengikuti dosen yang memiliki karakter serupa. Pun dengan siswa yang santai dan lembut,mereka akan merasa nyaman mengikuti dosen yang lembut dan santai dan cenderung tidak cocok dengan dosen yang disiplin. Inilah yang menjadi salah satu penyebab adanya rebutan dalam memilih kelas dan dosen. Para mahasiswa berebut mendapat jatah mengikuti mata kuliah yang diampu dosen favouritnya,dan biasanya itu sesuai dengan karakter mahasiswa sendiri. Kaitanya dengan hasil belajar yang bagus,terlihat dari minat mahasiswa itu sendiri. Ketika mahasiswa mengikuti dosen yang menjadi favori nya atau sesuai karakter mereka,maka mereka pun akan semakin semangat dalam mengikuti kuliah,dan itu sangat berperan terhadap hasil belajar mahasiswa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: