Kerudung Kebohongan   2 comments


Ada yang menarik dari pembicaraan ketika kuliah, dosen sempat membuka pikiranku tentang kerudung kebohongan. apa si maksudnya..?? kerudung pada dasarnya digunakan untuk menutup aurat seorang wanita, hanya saja saat ini fungsi kerudung sudah tidak hanya sebagai penutup aurat saja, melainkan juga untuk memperindah tampilan atau performance seorang wanita. ketika kita memperhatikan cara berpakaian mengenakan kerudung sekarang ini, sudah tidak kaget lagi jika kita melihat ada bermacam-macam model kerudung yang dikenakan. seperti yang sempat aku tulis di posting terdahulu, saat ini sudah banyak sekali model kerudung yang bisa dikenakan para kaum hawa ini, jadi tidak perlu takut lagi kelihatan jelek saat mengenakan kerudung. model-model kerudung ini jika dipandang berdasar pada penampilan atau performance memang identik tak ada masalah karena ini berkaitan dengan seni dan keindahan penampilan, yang pastinya diidam-idam para kaum wanita. namun jika ditilik dari sisi fungsi awal kerudung, memang sudah sedikit berbelok arah, dari fungsi untuk menutup aurat (rambut dan dada) kini menjadi fungsi penampilan, yang memang tidak terlalu berbelok akrena itu pun masih menutup salah satu aurat yaitu rambut.

Hal yang akan dibicarakan di sini bukan masalah model kerudung yang beraneka ragam, melainkan fungsi kerudung yang sudah mulai berbelok. banyak sekali kasus yang mengingatkan kita akan fungsi kerudung. salah satunya adalah penunjuk identitas islam. ketika kita mengenakan kerudung, maka ingatlah islam, bukan performance. kasus di luar sana, banyak sekali ditemukan bahwa para kaum hawa kebanyakan mengenakan kerudung karena performance. terbukti, banyak yang memakai kerudung ketika di kampus, atau di acara-acara tertentu, namun mereka lepas ketika keluar rumah atau bepergian. tidak sedang menyalahkan seluruh perempuan atau seluruh perempuan yang berkerudung, namun ini hanyalah sebuah realita dan fakta yang perlu diungkap meskipun aku juga yakin masih banyak banget wanita yang mengenakan kerudung berdasar fungsi aslinya. ada apa dengan kasus itu, apakah mereka mengenakan kerudung hanya untuk formalitas kuliah atau acara tertentu atau apa aku kurang tahu karena belum sempat aku tanya-tanya secara detail, namun salah satu alasannya adalah karena mereka masih belum bisa keluar bepergian mengenakan kerudung. dengan alasan seperti itu, berarti masih ada perempuan yang mengenakan kerudung bukan atas alasan menutup aurat, tetapi karena tuntutan lingkungan.

Sempat juga kemarin ada yang berpendapat bahwa kerudung itu hanya digunakan untuk menutup kekurangannya. pernyataan pedas memang, tapi kita jangan menganggap itu sebagai kritikan pedas, namun sebagai pandangan kedepan untuk melakukan perubahan, itu yang paling penting. dengan seperti itu, kita mengharapkan agar akan ada perubahan signifikan dari fungsi kerudung tadi.

Tidak semua kaum hawa seperti yang dibicarakan di atas, karena masih banyak sekali mereka yang benar-benar mengenakan kerudung karena fungsi yang sebenarnya, sebagai penguat dirinya akan Islam dan sebagai penguat imannya. hanya saja kasus-kasus di atas itu juga harus menjadi perhatian kita sendiri. bukan menutup kekreatifan kita terhadap jilbab, bukan menyalahkan model jilbab yang sudah beragam, namun tetap harus diingat kembali fungsi kerudung. boleh menggunakan model jilbab yang cantik dan indah, namun harus tetap perhatikan hal apa saja yang perlu ditutup dengan kerudung itu. ketika kita mengenakan kerudung, maka ingatlah bahwa kita membawa nama agama kita, Islam. jadikan kerudung sebagai penguat identitas, penguat keyakinan dan islam, maka kerudung akan kembali ke fungsi sebenarnya..

Advertisements

2 responses to “Kerudung Kebohongan

Subscribe to comments with RSS.

  1. betul gan…saudara2 kita yg memakai kerudung mulai banyak yang lupa asal perintah memaki kerudung…justru sekarang banyak yg memakai kerudung gaul …yang nggak memperhatikan aspek syar’i dari model kerudung tersebut…terus posting gan semoga mereka2 bisa lebih baik lag dan menyemarakkan syiar islam

    gamis murah

    • sip gan..ini juga berdasar pengamatan ane yang memang anak muda sekarang sudah mulai memakai kerudung tapi masih banyak yang asal-asalan, asal gaul and modis.
      ya semoga aja ada kesadaran dari mereka tentang hakikat memakai kerudung..kita sama-sama berusaha untuk lebih baik.
      thanks gan for commentnya..lanjutkan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: