Kenapa kota Yogja semakin PADAT..??   2 comments


Yogyakarta, begitu mendengar nama kota ini, pasti orang bakal teringat nama malioboro dan tugu, yang memang merupakan ikon kota yogyakarta. daya tarik kota yogyakarta yang memikat memang menjadi alasan bagi orang-orang atau wisatawan untuk mengunjungi kota yang terkenal dengan kota budaya ini. pariwisata yang menjadi andalan kota yogyakarta juga menjadi salah satu daya tarik penting kota yogyakarta. sebut saja malioboro, tugu yogya, parangtritis dan deretan pantai di gunung kidul adalah andalan kota pelajar ini untuk menarik wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Yogyakarta yang menjadi pusat pelajar, atau terkenal juga dengan sebutan kota pelajar juga menjadi salah satu aset penting yang dimiliki kota budaya ini. sekolah-sekolah berstandar internasional, perguruan tinggi ternama dan lulusan yang berkualitas adalah bukti nyata bahwa kota yogyakarta adalah kota yang diminati oleh semua orang. hampir di setiap daerah, baik kota maupun kabupaten, kota gudeg ini berdiri bangunan sekolah yang berjenjang dari SD sampai perguruan tinggi, baik itu swasta ataupun negeri. semua orang bisa menuntut ilmu di sini. inilah yang menjadi sedikit permasalahan. kenapa..?? kota yogyakarta yang menjadi kota pelajar dan kota penuh peluang, membuka peluang untuk semua orang dari segala penjuru untuk bisa datang ke kota ini, baik itu untuk mendapatkan pendidikan maupun mencari pekerjaan. perguruan-perguruan tinggi yang sangat banyak jumlahnya pun menarik orang untuk datang dan mendapatkan ilmu di sana. tidak ada batasan untuk orang yang ingin menuntut ilmu di sini, semua orang bisa datang dari mana saja, dan berhak mendapat pendidikan yang layak di kota pelajar ini. atas dasar itulah, banyak orang yang memilih kota yogyakarta sebagai tempat peraduan nasibnya, di perguruan tinggi maupun pekerjaan. banyak sekali mahasiswa-mahasiswa yang datang dari luar yogya yang datang untuk belajar, dan mencari karir di yogya ini.

Lulusan-lulusan perguruan tinggi di yogyakarta mempunyai jumlah yang sangat besar, kita bisa hitung, jika masing perguruan tinggi meluluskan 1000 mahasiswa tiap tahunnya, maka berapa jika ada 50 perguruan tinggi yang meluluskan mahasiswanya. sangat banyak kan pastinya. hal yang patut kita perhatikan adalah  para lulusan ini, dimana masih banyak sekali lulusan yang ingin tetap tinggal di kota yogyakarta untuk mencari peraduan nasibnya di yogyakarta. sebagai kota besar memang ini menjadi peluang bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan di sini karena betul, kota ini mempunyai potensi kerja yang sangat besar. inilah yang menjadi alasan mereka enggan untuk meninggalkan kota yogya dan kembali ke daerah asalnya. atas dasar itu, maka tidak salah jika kota yogyakarta yang dulu masih cukup sepi dan longgar, kini menjadi kota yang padat dan sangat ramai, baik dari sisi perumahan, jalan, kendaraan maupun warganya, karena setiap tahun kemungkinan ada pertambahan yang cukup besar dari lulusan-lulusan perguruan tinggi ini.

Sekarang, kita bisa liat buktinya, kota yogya sudah mulai dilanda kemacetan, dan banjir, seperti di kota-kota besar lainnya, jakarta, surabaya, dll. ini pertanda bahwa tingkat pertumbuhan warga yang menempati yogya semakin banyak. untuk itu, perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah yogyakarta untuk terus mencermati perkembangan ini, dengan harapan, perkembangan warga yang tinggal di yogyakarta akan diimbangi pula dengan perkembangan sarana dan prasarana yang menunjang, juga perbaikan-perbaikan yang perlu dilakuakn segera. jika itu terjadi, maka kota yogyakarta pun akan terus berimbang antara potensi wisata, pendidikan dan lapangan kerja dengan perkembangan sarana dan prasarana yang semakin memadahi dan teapt guna.

 

Advertisements

2 responses to “Kenapa kota Yogja semakin PADAT..??

Subscribe to comments with RSS.

  1. karena jogja itu istimewa…hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: