Kenapa ya susah menggabungkan ide di pikiran kita and gimana caranya gabungin ide kita….??   Leave a comment


Apa si yang perlu dicari sebelum kita mulai menulis..?? pulpen, pensil, penghapus, penggaris atau buku..?? bukan..! yang perlu kita cari adalah IDE. waaaw kenapa ane nyebut IDE..?? coba aja kalian mau nulis tapi gak ada ide..??apa yang kalian mau tulis..??iya kan..?? nah karena itu, penting buat kita mencari apa yang namanya IDE. sebenernya IDE sendiri gak perlu dicari, kadang ide itu tuh muncul sendiri di otak kita. hanya saja, kadang kala kita juga tidak sadar kalo yang hadir di pikiran kita itu adalah ide. sering kita memikirkan bahwa sebuah pemikiran yang tiba-tiba muncul di pikiran itu hanya lamunan belaka, atau bayangan belaka. tapi jangan salah, justru bayangan itulah yang bisa dijadikan ide untuk tulisan kita. misal gini fren, kalian tahu-tahu melamun, memikirkan sesuatu, misal aja memikirkan andai aja kamu jadi artis. bayangan kamu itu bisa jadi IDE kalo kamu menuliskannya dalam sebuah tulisan. coba aja dech mulai sekarang kamu menuliskan apa yang ada di pikiran kamu pas kamu lagi melamun atau lagi ngapain aja yang bisamemunculkan pemikiran yang tiba-tiba. dengan menuliskannya, berarti kamu udah menuangkan idemu dalam sebuah tulisan.

Tulisan yang kamu tulis itu ya apa adanya aja. kamu tulis sesuai yang ada di pikiranmu, atau kalau kamu mau tambahin ya tinggal ditambahin aja yang menurutmu bisa mendukung ide kamu. tuliskan itu, jangan takut salah and gak nyambung. orang nulis sesuai ide itu pasti awalnya gak nyambung, karena saat pertama ditulis itu baru bentuk karangan aja atau kerangkanya saja. setelah kamu mulai nulis and selesai menuangkan apa yang ada di pikiran kamu, mulailah masuk ke tahaps elanjutnya, yaitu editiing. di proses editing ini, yang perlu kamu lakuin pertama kali adalah membaca ulang tulisan kamu, apakah udah runtut apa belum, and apakah bahasa yang digunakan perlu ditambahin apa dikurangi atau diganti. dengan seperti itu nantinya kamu tahu kekurangan tulisan kamu itu apa, and kamu mulai perbaiki satu per satu sapai akhinya menjadi sebuah tulisan yang isa dinikmati semua orang.

Selain dari lamunan kamu, ide juga bisa aja muncul karena sesuatu yang membuat kita penasaran. misal aja ada sepeda motor yang lain daripada yang lain, kemudian kita merasa penasaran kok bisa motornya kayak gitu, gimana bikinnya, dll, kamu bisa tuliskan itu dengan langkah sama seperti apa yang udah dijelasin di atas tadi. yang jelas jangan takut salah, and gak bagus. persepsi orang itu beda-beda, jadi enjoy ajaaa… 🙂

Advertisements

Posted February 27, 2012 by Heryan Ardhi Kusuma in Kumpulan Ilmu dan Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: