Ada Apa Dengan Pegunungan Dieng..??   Leave a comment


Indonesia kini dirundung duka lagi setelah kabar terakhir dari Pegununugan Dieng Wonosobo yang mengalami bencana alam tanah longsor dan Banjir bandang. bencana yang terjadi pada hari minggu lalu tersebut setidaknya sudah meluluh lantakkan desa di daerah sekitar pegunungan dieng,wonosobo. hujan lebat yang mengguyur wilayah desa sidorejo termasuk desa Ketieng dan sekitarnya itu telah membuat kawasan pegunungan dieng mengalami bencana tanah longsor dan banjir bandang. rumah-rumah warga di daerah sekitar bencana pun rusak dan hanyut terbawa arus banjir bandang yang terjadi saat itu. salah seorang warga desa ketieng, Romadhon, mengatakan bahwa kejadian tersebut tiba-tiba saja terjadi ketika hujan lebat mengguyur desanya. awalnya tidak ada firasat akan terjadi bencana, namun tak lama kemudian dia dikagetkan dengan luapan air berwarna kecoklatan menghantam rumahnya. air setinggi rumahnya tersebut tiba-tiba saja berada di belakang rumahnya dan menyeret ayah kandungnya yang tak sempat meyelamatkan diri. air kecoklatan yang bercampur dengan lumpur itu sekejap menghancurkan rumahnya, untung saja dia masih bisa menyelamatkan dirinya.

Sampai hari senin kemarin setidaknya sudah ada 5 mayat yang ditemukan oleh tim SAR yang membantu pencarian di wilayah tersebut. pencarian dibantu oleh para relawan dan pasukan TNI, selain oleh badan SAR itu sendiri. proses pencarian dilakukan di sepanjang sungai kali putih dan sungai serayu dengan batas 10km, dengan hasil menemukan potongan badan warga yang sampai saat ini belum diidentifikasi. berdasar informasi yang saya dapat, pencarian akan diteruskan hari ini, mengingat cuaca yang cukup buruk dan dikhawatirkan akan mengakibatkan bencana susulan. pencarian kali ini akan dibantu oleh Polda dengan mengerahkan anjik pelacak untuk membantu dam pencarian korban tewas yang belum ditemukan.

Hingga kemarin, para relawan dan TNI masih terus membersihkan jalan menuju pegunungan Dieng yang sempat tertutup akibat longsoran tanah banjir bandang tersebut. saat ini jalan menuju dieng itu dibuka, hanya saja ketika hujan turun sekitar 1 jam belum berhenti, maka jalan akan kembali ditutup guna mengantisipasi bencana dadakan.

Kita sebagai sesama sosial, marilah ikut mendoakan semoga bencana tidak melanda pegunungan Dieng kembali dan wilayah lain yang dikhawatirkan akan memakan korban lebih banyak lagi. cukup sudah kita merasakan bermacam bencana dan marilah kita mulai menyayangi lingkungan kita demi menjaga keamanan dan kenyamanan hidup kita.

Advertisements

Posted December 20, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in Kumpulan Ilmu dan Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: