Akreditasi PBI…Go PBI..Get The Bright Future..:-)   Leave a comment


Hari ini menjadi hari yang sangat mendebarkan buat aku khususnya dan tentunya buat teman-teman seperjuanganku di PBI UAD. kenapa bisa gitu..??hari ini akreditasi yang kedua buat PBI akan dilaksanakan. segala bentuk persiapan baik itu tekhnis ataupun non tekhnis sudah disiapkan, dan kini gilirannya dievaluasi. akreditasi ini jadi mendebarkan soalnya kita inget akreditasi kemarin PBI harus nerima kenyataan bahwa akreditasi untuk PBI itu kurang baik. sangat disayangkan memang, namun aku sebagai salah satu bagian di dalamnya gak pernah ngrasa minder dengan nilai akreditasi itu. yang penting kualitas dosen dan mahasiswa mumpuni, pasti kualitas cetakannya pun tidak kalah bersaing. aku berani menyebut bahwa tidak semua mahasiswa PBI yang terakreditasi kurang baik punya mutu yang kurang baik pula. aku sangat GAK SETUJU dengan pernyataan itu. kita semua punya kualitas yang sama bahkan lebih teman dengan teman-teman kita di luar sana, hanya bagaimana kita bisa memanfaatkan segala kualitas itu dengan baik semampu kita. aku yakin bahwa kita bisa. kita masih bisa bersaing dengan para lulusan Universitas lain yang notabene favorit. kita bisa bersaing bahkan kita bisa kalahkan mereka andai kita mau keluarkan kualitas kita dari belenggu akreditasi.

Memang banyak orang yang memandang kualitas mahasiswa itu dari akreditasi. tapi apakah kita hanya terpacu dengan akreditasi saja..?? apakah ketika kita mendapat akreditasi yang sempurna itu menunjukkan bahwa kita sempurna..??apakah dengan itu kualitas kita sempurna pula..??aku rasa tergantung. ketika akreditasi sudah sangat bagus, tapi proses belajar di dalamnya masih sangat biasa, dan mahasiswa tidak mau berkembang aku pikir itu sama saja. di luar sana pun nantinya kita akan sulit untuk bersaing. karena sekali lagi pada dasarnya akreditasi itu hanya sedikit mempengaruhi kualitas belajar kita. memangnya nanti yang bersaing itu akreditasinya..?? mungkin secara tekhnis iya, karena segala fasilitas dan kualitas dosen mumpuni, tapi kalo kualitas mahasiswa sendiri tidak pernah dipupuk aku pikir sama saja. karena kita tahu, proses belajar di kampus itu hanya menyumbang 30% saja untuk keberhasilan sebuah proses belajar, sedangkan 70% nya ada di luar, yaitu keaktifan mahasiswa mencari sumber di luar kampus. terbukti kan, dengan itu berarti akreditasi kampus pun hanya berperan sekitar 30%, karena peran utama pembentukan kualitas adalah diri sendiri. semakin kita  mencari kualitas dan mengembangkan kualitas diri, maka semakin mudah bersaing di masa depan.

Namun, memang tidak bisa dipungkiri bahwa akreditasi itu penting, akreditasi yang bagus maka akan mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, jadi gak ada salahnya kita terus berusaha memperbaiki akreditasi yang kita miliki dengan harapan kualitas PBI UAD semakin baik dan akan mendorong motivasi mahasiswa untuk semakin semangat belajar yang nantinya akan menciptakan mahasiswa yang  berkualitas dengan moral yang tiinggi dan mampu bersaing dengan pesaing di laur sana.

Semangat PBI..aku selalu mencintai semua yang ada di PBI. semoga kan selalu sukses dan maju..we will support everything related to PBI, because we love PBI..Get the bright future for PBI and Students of PBI..:-)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: