Jadi Penulis Indie..Siapa Takut..??   Leave a comment


Jadi seorang penulis memang susah-susah gampang. kita merasa sulit kalo baru awal-awal mulai menulis, tapi merasa gampang ketika kita udah mulai terbiasa menulis. artinya tinggal kemauan kita saja, apakah kita mau atau tidak. Sebut saja kita seorang penulis Indie yang menciptakan tulisan sendiri sebagai penulis pemula. permasalahan yang sering muncul biasanya bagaimana cara menuangkan ide untuk topik yang akan kita buat. sekali lagi, kemauan kita memungkinkan semuanya. ketika kita mau, maka tuliskan saja apa yang ada di otak kita, jangan dipikirkan dulu apakah itu bagus atau tidak, nyambung atau tidak, yang penting ide kita tertuang. masalah nyambung atau tidaknya nanti bisa diselesaikan di tahap pengeditan. di sanalah kita bisa mengetahui apakah nyambung atau tidaknya. jadi pada tahap awal ini tuliskan dulu ide kita, kemudian mulai menyusun kalimat-kalimat yang sekiranya mendukung ide kita. kembangkan ide kita dan yakinkan bahwa pengembangan ide kita ini tidak keluar dari ide, karena kebnayakan orang ketika menulis dan merasa asyik dengan tulisannya, mereka tidak memperhatikan lagi apakah keluar dari ide atau tidak. nah inilah yang harus dihindari. kalau perlu kita siapkan dahulu kerangka berpikir kita dengan tujuan untuk membatasi pengembangan ide, shingga kita tetep pada tataran ide.

Bagi penulis pemula, mungkin hal-hal semacam itu akan mennjadi sangat sulit. begitu pun dengan aku, aku yang juga sebagai penulis pemula selalu kebingungan ketika tulisanku lama-lama tak sejalan dengan ide. namun itu biasa teman, hanya butuh latihan saja. yang jelas, sebagai penulis yang baru, jangan takut dan genggsi untuk memamerkan tulisan kita. tunjukkan saja kalau kita ini sudah mempunyai niat dan usaha untuk jadi seorang penulis, dari situ aku yakin akan terbentuk motivasi yang luar biasa. apalagi kalau tulisan kita diberi tanggapan atau feedback dari yang membaca tulisan kita, luar biasa bahagianya, meskipun itu hanya untuk 1 orang yang berkomentar.

 

Jadi sebagai para aktifis pena, lanjutkan semangat kita..jangan tersingkir dengan gurauan orang-rang atau cemooh dari mereka. justru jadikan itu sebgai motivasi untuk prestasi kita ke depan. aku senang ketika melihat penulis sukses berawal dari hal semacam ini, bukan penulis yang sukses karena nama di belakangnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: