Galang Dana untuk Pengobatan Warga Miskin   Leave a comment


beberapa hari terakhir tersentak kabar kalau RS Sardjito meminta surat agunan berupa surat berharga dari keluarga yang berobat dan tidak mampu membayar biaya berobat tersebut. surat berharga itu bisa berwujud sertifikat rumah atau surat berharga lainnya. biaya yang mahal dan tidak terjangkau warga miskin membuat mereka harus berpikir panjang untuk berobat, sekalipun penyakitnya sudah parah. pertanyaannya kenapa surat berharga menjadi taruhannya?? beberapa hari yang lalu, seorang pasien bahkan harus rela meminjam sertifikat rumah milik saudaranya untuk menebus biaya berobat di RS Sardjito. betapa tidak malang nasib pasien tersebut. dengan penghasilan yang hanya 50ribu 1 bulan, biaya berobat yang dikenakan padanya sangat memberatkan. informasi yang saya terima, pasien ini hanya bekerja sebagai guru honorer di sebuah SLB dan hanya digaji 50ribu. buat makan saja tidak cukup, apalagi untuk berobat. begitu dia memaparkan. ironis, ketika jamkesmas yang seharusnya jatuh pada warga miskin, justru masih belum tepat sasaran. seharusnya pihak rumah sakit dan pemerintah memberikan sedikit sumbangsihnya terhadap warga atau pasien yang tidak mampu untuk berobat.

kesehatan itu hak bagi setiap warga, maka pemerintah pun harus adil, memberikan perhatian lebih bagi para warga miskin yang sangat perlu berobat. ini hanya segelintir dari banyak kasus serupa. bahkan di Magelang, seorang warga bernama Rokim Maryadi, tidak bisa berobat untuk menyembuhkan kakinya yang sudah 18 tahun membusuk dan saat ini sudah tidak bisa berjalan. sebuah pemandangan yang tidak enak, ketika warga miskin harus benar-benar tersiksa karena tidak bisa berobat untuk kesehatannya.

oleh karena alasan itu, perkumpulan Blogger Yogyakarta, bersama-sama mengadakan penggalangan dana untuk membantu para warga miskin tersebut. mereka melakukan aksinya melalui fitur online, dari masing-masing Blog mereka dengan harapan orang yang membaca blog mereka ikut tersentuh dan tergerak hatinya ntuk melakukan hal yang sama. siapa lagi kalo bukan kita yang tergerak. kita tidak bisa mengandalkan peran pemerintah saja. pemerintah pun perlu dukungan dari masyarakat dari semua kalangan. ayoo..bergerak lah..:-)

Advertisements

Posted November 28, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in Kumpulan Ilmu dan Informasi

Tagged with , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: