Andai aku guru matematika..   Leave a comment


matematika itu dianggap sebagai mata pelajaran yang membunuh nilai seorang siswa, atau dengan kata lain itu menjadi momok seorang siswa. tak hanya itu, matematika dianggap mata pelajaran yang paling sulit dan ditakuti di ujian nasional buat siswa kelas 3 baik smp atau sma. pemikiran yang seperti inilah yang sebenarnya justru membunuh karakter mereka. sugesti terhadap matematika sebagai mata pelajaran yang susah ini juga menjadi permasalahan, karena sugesti itu yang membawa mereka berpikir kalau matematika itu susah. ditambah lagi, guru matematika itu pun kebanyakan guru yang “galak” dan tegas. nah bagaimana matematika dipandang enak kalau gurunya saja sudah terlihat galak. pemikiran siswa terhadap matematika yang seperti itu akan menambah rumit pandangan siswa terhadap matematika. lalu pertanyannya, apa yang harus dilakukan seorang guru, khususnya guru matematika agar siswa tidak lagi punya pemikiran seperti itu..??

seandainya saja aku seorang guru matematika, banyak hal yang mesti aku benahi guna merubah pandangan siswa terhadap matematika sebagai momok. yang terpenting adalah meningkatkan kualitasku sendiri sebagai seorang guru matematika. karena aku percaya, bahwa semakin baik kualitas seorang guru, maka akan semakin baik kualitas penyampaian materi kepada siswa. dan semakin baik penyampaian materi, maka semakin baik siswa menerima pelajaran yang disampaikan. nah inilah kunci dari berhasilnya penyampaian materi yang effisien, dimana tidak menyulitkan siswa dalam menerimanya, sehingga siswa secara efektif menyerap materi itu sendiri.

yang tak kalah pentingnya adalah mengubah paradigma berpikir siswa terhadap matematika. jika nantinya aku menjadi guru matematika, aku akan menyiapkan strategi pembelajaran yang efektif. sulit memang mengubah pemikiran siswa, tapi aku percaya bahwa dengan strategi pembelajaran yang effektif maka siswa akan mengurangi pemikiran matematika yang susah. strategi ini tentu saja dengan memberikan pemahaman dan pengertian pada siswa, pemberian materi yang akurat dan lengkap, pemberian soal yang tak terlalu rumit dan membantu siswa ketika ada masalah terhadap soal matematika. nantinya aku juga akan memberikan sedikit waktu untuk memberikan siswa kesempatan bertanya dan bercerita tentang kesulitannya terhadap matematika dan akau akan mencari solusi, sehingga siswa terbantu dengan adanya strategi ini.

Dengan harapan yang tinggi, aku berharap agar anggapan terhadap matematika sebagai momok, akan berkurang dan nantinya siswa akan menikmati pelajaran matematika sebagai pelajaran yang mengasyikkan dengan metode yang effektif dan tepat guna.

Advertisements

Posted November 7, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in Kumpulan Ilmu dan Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: