Banjarnegara Kota Batik….   Leave a comment


Banjarnegara yang selama ini dikenal sebagai kotanya dawet ayu ternyata memiliki karakteristik lain. tidak hanya dawet ayunya saja yang khas disana, Banjarnegara ternyata memiliki batik tulis yang ternyata sudah lama ada di daerah itu. BAtik yang dikenal dengan Batik Tulis Gumelem itu ternyata sudah ada di Banjarnegara sejak 1650an. batik tulis ini bisa ditemukan di gumelem, susukan, Banjarnegara. Batik yang dulu menjadi pakaian khas orang banjar dan sudah lama pudar karena kurangnya promosi dan pemesanan ini, kini mulai dikembangkan lagi guna mengikuti perkembangan batik yang sudah diakui UNESCO sebagai peninggalan budaya tak benda milik Indonesia. oleh karena itu, batik tulis ini mulai dikaryakan lagi oleh warga banjarnegara untuk menyaingi pasaran batik yang sudah terkenal dahulu seperti batik pekalongan dan yogyakarta. Batik tulis Gumelem ini dijual dengan kisaran harga 100 ribu-150 ribu untuk 1 kainnya. BAtik Gumelem ini diakui pelanggan tidak kalah saing dengan Batik Pekalongan dan Jogja. hanya saja batik gumelem ini sangat minim promosi, sehingga kurang dikenal masyarakat.

Dengan adanya pengembangan kembali Batik Gumelem, diharapkan pemerintah setempat ikut membantu mempromosikan batik khas Banjarnegara ini dengan harapan batik ini semakin dikenal masyarakat Banjarnegara pada khususnya dan Masyarakat Indonesia pada umumnya. cara mempromosikan batik gumelem ini bisa saja dilakukan dengan cara mewajibkan seluruh institusi pemerintahan untuk mengenakan Batik Gumelem di dalam hari kerja, sehingga masyarakat akan terbiasa dan mengenal batik ini secara meluas. begitu juga dengan anak sekolah, batik ini bisa saja dijadikan kewajiban untuk dikenakan di hari tertentu, misal hari jumat atau sabtu sebagai pakaian identitas seperti yang dilakukan di beberapa sekolah di Yogyakarta yang memiliki hari khusus untuk mengenakan batik baik guru maupun siswa, sehingga nantinya batik yang sudah lama pudar ini kembali merangkak di pasaran menyaingi Batik-batik khas daerah lain.

Tidak hanya pemerintah saja yang harus ikut peran serta di dalam pengembangan batik gumelem ini, masyarakat Banjarnegara pun harus ikut serta di dalam kegiatan ini, sehingga batik kesayangan orang banjarnegara ini akan terkenal, dan nantinya akan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat banjarnegara pada umumnya. selain itu nantinya diharapkan Banjarnegara pun akan dikenal dengan Kota Batik Tulis.

Advertisements

Posted November 1, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in Kumpulan Ilmu dan Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: