Pahlawan Merapi!!   Leave a comment


musim penghujan yang saat ini sudah mulai tiba dan hampir setiap hari mengguyur daerah sekitar merapi, membuat banyak orang harus waspada akan terjadinya bencana pasca erupsi merapi 1 tahun lalu. yaitu banjir lahar dingin. tumpukan-tumpukan material di kawasan merapi menjadi perhatian tersendiri bagi warga sekitar kawasan merapi khususnya warga di sepanjang hulu sungai dari kawasan Merapi. debit air sungai yang melintasi kawasan ini menjadi sangat besar menyusul material erupsi merapi yang menyebabkan lahar dingin. inilah yang selalu diwaspadai oleh warga.

Usaha untuk megantisipasi sudah mulai dilakukan oleh warga sekitar dan relawan merapi. mereka bekerja sama untuk mengintip sungai-sungai yang mempunyai resiko tinggi terkena dampak lahar dingin. mereka memantau sungai dan kemudian memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kondisi terkini. Mereka inilah para pahlawan yang selalu bersiaga di hilir sungai sepanjang kawasan merapi. apa yang mereka lakukan ini semata-mata untuk membantu masyarakat di sepanjang sungai yang berhubungan dengan merapi untuk menghindari dan mengantisipasi ada korban dari banjir lahar dingin.

mereka tinggal di sebuah posko yang mereka dirikan sendiri dengan peralatan seadanya dan sarana seadanya. hanya dengan 1lembar terpal mereka mampu mendirikan sebuah posko sederhana yang menjadi tempat mereka memantau arus sungai. bantuan dari pemerintah ternyata tidak cukup untuk memfasilitasi meeka, bahkan dari informasi yang saya dapat dari TRIBUN JOGJA, para relawan ini hanya menerima bantuan 1lembar terpal untuk posko mereka, sedangkan dari desa setempat hanya menyarankan mereka untuk mengenakan jas hujan semata. lihat saja betapa mirisnya kondisi ini, mereka semua pahlawan tapi diperlakukan kurang istimewa. apa yang terjadi jika tidak ada mereka?? warga kebanjiran??rumah terendam lahar dingin??ada korban jiwa?? cobalah pikirkan itu, justru jika itu terjadi pemerintah akan mengeluarkan lebih banyak uang dan anggarandalam rangka membantu warga yang kebanjiran. beda halnya sekarang, pemerintah agak sedikit tenang karena ada pahlawan merapi yang selalu siaga mengamati detik demi detik arus sungai yang terkena dampak lahar dingin mereka inilah yang membantu masayrakat mengantisipasi banjir sehingga mereka bisa awal-awal antisipatif.

jadi hargailah para pahlawan merapi ini, mereka semua juga membantu pemeritah, seharusnya pemerintah lebih cerdas lagi menyikapi mereka. berilah sarana dan prasarana pada mereka, tanpa mereka, pemerintah akan kewalahan menghadapi dampak banjir lahar dingin.

Advertisements

Posted October 31, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in Kumpulan Ilmu dan Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: