Handy Talky Digunakan Untuk Mendeteksi Aktivitas Merapi??   Leave a comment


Handy Talki yang saat ini sudah mulai tenggelam bak berkembangnya zaman, ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. warga di sekitar lereng merapi, terutama para sesepuh desa, sudah tidak asing lagi dengan alat komunikasi ini. mereka menggunakan HT gunaberkomunikasi dengan warga dalam rangka mengantisipasi banjir lahar gunung merapi akibat musim penghujan di kawasan merapi. namun tidak hanya itu saja, sebuag metode baru ditemukan dari HT ini. alat komunikasi tradisional ini ternyata bisa mendeteksi aktivitas gunung merapi. terapan ini diaplikasikan oleh para ekspeditor merapi yang akhir-akhir ini melakukan ekspedisi ke kawasan merapi. HT yang biasa mereka gunaka untuk berkomunikasi ternyata mereka gunakan untuk mendeteksi aktivitas merapi, apakah merapi aman atau meningkatkan aktivitasnya. dengan menggunakan HT, mereka bisa terbantu jika suatu saat aktivitas meningkat.

HT ternyata bisa membaca signal dari seismograf yang biasa digunakan untuk mengetahui aktivitas merapi. signal ini ditangkap oleh HT dan kemudian akan menimbulkan suara atau bunyi seperi sandi morse. bunyi inilah yang menjadi patokan para warga dan ekspeditor dalam mendeteksi aktivitas merapi. ketika bunyi HT ini hanya “tiiit..tiiit..tiiit..” secara beraturan, maka aktifitas gunung merapi bertanda aman. namun jika HT berbunyi tidak beraturan dan terus menerus seperti “tiiit…tiiiiiiiiiiiiit…tiiiiiiiiiit…tiiit..tiiit..” maka pertanda bahwa merapi mulai melakukan aktivitasnya.

ternyata cara seperti ini cukup membantu masyarakat sekitar gunung merapi untuk bersiaga melakukan antisipasi jika sewaktu-waktu merapi beraktivitas. namun dari pihak dinas yang beratnggung jawab terhadap aktivitas gunung merapi menyatakan bahwa warga tetap harus berkoordinasi dengan pihaknya guna mendapatkan informasi yang akurat.

Advertisements

Posted October 29, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in Kumpulan Ilmu dan Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: