Kulon Progo Luar Biasa…!!   Leave a comment


tambang pasir besiSiapa bilang Kulon Progo itu daerah terpencil dan tertinggal..?? jika ada yang menganggap seperti itu, maka tariklah kembali anggapan anda. Selain ada kabar bahwa akan dibangun sebuah bandara internasional di sana, Kulon Progo ternyata memiliki potensi tambang pasir besi yang luar biasa. salah satu pakar pertambangan UPN IR Said Fadhillah menyatakan bahwa KUlon progo memiliki potensi tambang yang sangat menjanjikan. bahkan beliau mengatakan potensi yang ada di Kulon Progo ini mirip dengan tambang freeport yang ada di Papua. oleh karena itu banyak pihak yang meminta pemerintah setempat untuk memperhatikan hal ini. potensi yang ada ini harus dieksploitasi dengan benar dan baik sehingga nantinya bisa dimanfaatkan untuk mensejahterakan masyarakat sekitar lokasi tambang yaitu warga kulon progo. IR Said juga menyatakan bahwa tambang pasir besi Kulon Progo ini memiliki cadangan sebesar 28 juta meter kubik dan diperkiraka bisa hasbis hingga 30 tahun. bayangkan saja betapa luar biasanya potensi tambang di daerah trersebut.

Dalam hal ini seharusnya pemerintah bisa bertindak cepat utnuk mengeksploitasi tambang pasir besi ini, mengingat naiknya pig iron baja nasional. karena diharapkan potensi tambang ini nantinya bisa membantu masyarakat sekitar untuk memperbaiki ekonomi dan bisa menciptaka lapanga kerja bagi mereka.

Ir. said kembali mengutarakan pendapatnya kepada pemerintah utnuk lebih memperhatikan potensi ini dibandingkan proyek besar pembangunan bandara Internasional di Kulon progo, karena beliau menganggap bahwa bandara adi Sucipto masih mampu utnuk menampung penumpang. tetapi hal ini ditanggapi oleh kepala Bappeda kota kulon progo yang menyatakan bahwa pembangunan bandara di Kulon Progo akan tetap berjalan, melihat sisi ekonomi mana yang lebih baik.

Menurut pendapat penulis, seharusnya pemerintah lebih gencar untuk mengeksploitasi potensi tambang ini, jangan sampai potensi ini kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan asing seperti sama halnya dengan freeport yang mana saham lebih banyak dikuasai oleh pihak asing. dengan itu, maka proses mensejahterakan masyarakat akan lebih baik.

Berita ini saya kutip dari koran Tribun Jogja edisi jumat 21 oktober 2011.

Advertisements

Posted October 21, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in Kumpulan Ilmu dan Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: