Kebiasaan remaja   Leave a comment


¶        pola sikap yang kurang wajar untuk remaja

ketika kita akan berbicara mengenai hal ini, coba dech kita renungkan dahulu seprti apa si gambaran sikap kurang wajar yang sering kali dilakukan oleh para remaja saat sekarang ini?? memprihatinkan kah?? Mengerikankah?? Jawabannya kembali ada pada diri kita sendiri selaku bagian dari remaja. Tetapi yang pasti, ketika kita akan berbicara mengenai sikap kurang wajar pada remaja, kita harus berbicara fakta yang ada sekarang ini. apa saja faktanya?? Tentu saja banyaknya kasus yang lebih cenderung pada kelakuan si remaja itu sendiri. Contohnya dari sisi seks bebas. Ada berapa banyak remaja yang ketangkap basah sedang melakukan hubungan seks bebas? Sudah sangat banyak, saaangat banyak. Dari yang ketangkap di kebun lah, di kontrakkan lah, di kost lah dan bahkan di tempat lokalisasi saja pernah ketahuan seorang remaja ketangkap sedang melakukan hubungan seks. Berita-berita di televisi sudah memberikan kita bayangan seberapa tidak wajarnya kelakuan para remaja kita sekarang ini. mereka pergi berdua dengan pasangannya, bukannya untuk berbuat baik malah berbuat buruk alias berbuat kurang sopan. Apakah itu yang seharusnya dilakukan remaja?? Jwabannya TIDAK. Mau ditaruh dimana muka kita sebagai calon penerus dan generasi muda?? Kalian harus tahu bahwa bukan itu yang seharusnya dilakukan remaja. Selain itu apalagi kasus yang menggambarkan kelakuan kurang wajar remaja sekarang?? Kita bisa lihat tawuran-tawuran pelajar yang masih sering banget terjadi di sekitar kita, perkelahian remaja, dan pengeroyokan. Para remaja, khususnya anak-anak sekolah sudah terbiasa dengan yang namanya tawuran, perkelahian dan pengeroyokan. Tapi apakah mereka tahu apa tujuan dari itu semua. Ternyata jawabannya adalah tidak. Banyak dari siswa yang ikut tawuran yang mengaku hanya ikut-ikutan saja tawuran tanpa tahu sebab dan tujuannya. Bukankah itu sebuah hal bodoh teman?? Tawuran hanya ikut-ikutan saja, bagaimana kalau misal ketika tawuran itu mereka terlluka bahkan meninnggal, apakah ada untungnya?? Beginilah pola pikir remaja sekarang ini, gejolak emosi mereka tidak pernah bisa diketahui dan dikontrol. Lagi-lagi disini kita harus benar-bear prihatin dengan para remaja. Seseorang yang akan memajukan bangsa justru ibertindak layaknya seseorang yang ingin mengahncurkan dirinya sendiri. Pantaskah??

Melihat kasus-kasus di atas memang kita harus menggali beberapa solusi yang mungkin akan membantu diri remaja untuk bisa bertindak sesuai kodrat mereka sebagai remaja. Memang untuk mengembalikan itu tidak mudah, disini peran orang tua sangat penting di dalam segi pendidikan. Orang tua diharapkan bisa panda-pandai mengarahkan anaknya untuk lebih cenderung bergabung kedalam tindakan-tindakan positif, orang tua mestinya selalu memberikan kontrol pada anaknya sehingga anak tidak bisa seenaknya sendiri melakukan apa yang mereka mau. Selain itu, kita sebagai remaja juga seharusnya memiliki kontrol diri yang kuat, sehingga diri kita bisa mengontrol emosi dan ego kita yang masih sangat labil di dalam urusannya dalam kehidupan. Dengan adanya kontrol yang kuat, maka kemungkinan untuk remaja bertindak hal positif sangat besar, karena mereka akan memiliki kesadaran untuk itu dengan sendirinya dan tentu saja itu akan sangat membantu proses rehabillitasi remaja yang gejolaknya melebihi kapasitasnya sebagai remaja.

Hmmmm….abiz berbicara serius soal masalah-masalah di atas, alangkah baiknya kita sekarang bersantai-santai buat ngebicarain jalan keluar lain yang bisa di ambil atau seperti apa sih remaja seharusnya, lewat beberapa kutipan di bawah ini. memang si masalah yang sudah disampaikan di atas mungkin cupup rumit untuk diselesaikan, tapi paling tidak ada sedikit gambaran mengenai remaja di dalam hal positifnya, sehingga kita tidak pusing hanya membicarakan permasalahan negatif para remaja. Huuuuh, akhirnya, ayooox kita masuk ke topik pembicaraan yang satu ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: