Archive for June 2011

Sakit hati..   2 comments


Sakit hati..??( bukan liver lhoo..hheehe.. ) itu penyakit yang hampir sama kaya cemburu. Dua – duanya saling berhubungan, banyak orang yang sakit hati karena cemburu and cemburu itu emang buat kita sakit hati. Sakit hati bisa dirasain sama siapa saja yang merasa dirinya sakit karena cinta. Sekali lagi, sakit hati juga gak Cuma dalam hal cinta, tapi kita balik ke topic yang lagi dibicirain saja yaa..

Sakit hati ini secara gak langsung bias ngrubah sikap kita lho fren. Sama halnya kaya cinta, sakit hati juga punya efek. Sikap yang bisaanya kita jalanin itu kadang berubah dengan sendirinya. Mungkin ini pengaruh dari pikiran kita karena sakit hati itu. Kebanyakan orang itu kalo lagi ngrasa sakit hati pikirannya yaa Cuma penyebab dia sakit hati itu, emm.. bisa kita katakan dengan “ murung “. Tapi tergantung orangnya juga si fren, ada juga orang yang kalo lagi ngrasa sakit hati itu kegiatanna cuma marah – marah gak jelas, yang tahu Cuma dia and si dia.. ada juga yang cuex, gak peduli ma apa yang lagi dia rasain. Tapi sekali lagi itu tergantung orangnya. nah disini aku mau berusaha ngasih saran biar temen2 gak terlalu berlebihan ketika lagi ngrasa sakit hati.

Sakit hati emang gak enak banget buat dirasain ya fren, and aku si wajar kalo temen2 nyampe sebel. Tapi sekarang balik lagi dc, apa kita mau terus – terusan mikirin sesuatu yang udah terjadi itu, apa dengan kita memikirkan hal yang buat kita sakit itu kita bisa menyelesaikan masalah itu. Gak kan fren..?? yang perlu kita pikirkan, apa si yang ngebuat kita jadi ngrasa kaya gini,  kenapa si dia tega buat kita sakit hati, kenapa si hal seperti itu saja bisa bikin kita berubah gini..?? and apa yang harus kita lakuin buat nyelesein ini..?? itu yang harus kita pikirkan.. kenapa aku bilang itu yang harus dipikirkan..?? ya jelas lah fren, mungkin bisa saja seseorang buat kita sakit hati karena sikap kita sendiri, atau mungakin karena kita yang terlalu berlebihan menanggapi sesuatu.. iya kan fren..??

naah sesuatu yang berlebihan emang gak bakal baik. Untuk itu sebelum kita memikirkan lebih jauh lagi, ayo lah kita instropeksi diri kita dulu, apa bener yang lagi kita rasain ini. kalau emang bener, kita pikirin rasa kaya gini karena diri kita sendiri yang buat apa bukan. jangan sampai kita egois, Cuma mikirin perasaan kita sendiri tanpa tahu penyebabnya. okee teman..??  walaupun bertele2 tapi kalau kita bisa insya Allah baik kok. nah makannya setelah temen – temen baca ini, ayox kita kurangin pikiran jelek yang bikin kita sakit hati. Kali sajaa itu gara – gara kita sendiri. Iy kan..?? kalau itu gara – gara kita sendiri kan kita bisa instropeksi diri kita biar kita gak bikin masalah kaya gitu lagi and kita lebih baik. Lagi, coba setiap masalah yang bikin kita sakit hati itu kita obrolin bareng ma pasangan kita, jangan kita bareng kalau lagi seneng – seneng saja, tapi pas lagi kaya gini juga perlu bareng tuh.. betul betul betul..??

Itu saran aku fren…moga bisa diterima yah..??amiin..hheehe..

Advertisements

Posted June 24, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in My Mind (Curhatanku)

Jadilah remaja yang aktif   Leave a comment


apa si pengertian aktif disini? Sebelumnya aku mau jelasin kalian pengertian aktif. Aktif disini aku artiin sebagai pola sikap dari remaja yang tanggap akan segala perubahan yang ada di lingkungannya dan selalu berusaha untuk memberikan dedikasinya pada perubahan tersebut atau dengan kata lain, remaja selalu mengikuti pergerakan dan perubahan zaman dengan pola perilakunya di dalam masyarakat, sehingga remaja bisa memberikan perannya di dalam lingkungan tersebut. Sebagai contoh simpel saja, remaja yang tergabung dalam sebuah organisasi di sekolahnya. Dengan mengikuti sebuah organisasi remaja bisa dikatakan aktif, karena setidaknya mereka mau bergerak dalam sebuah bidang dan itu akan memperlihatkan dedikasi meeka di dalam organisasi tersebut. Dengan adanya sebuah organisasi, remaja menjadi memiliki tanggung jawab yang besar, sehingga mereka akan memiliki kesadaran  untuk memenuhi tanggung jawab tersebut. Inilah yang aku katakan aktif. Meski itu hanya contoh simpel, tapi ada banyak sekali hal yang bisa kita pelajari disana, seperti tanggung jawab, dedikasi dan prestasi yang nantinya bisa meningkatkan kinerja sebuah organisasi pada umumnya dan remaja pada kususnya. Masih banyak hal lain yang bisa dilakukan remaja untuk berperan aktif di dalam lingkungannya, yang bisa mengantarkan remaja itu menjadi remaja aktif yang bertindak dalam hal-hal positif, tidak hanya ribut dan kerisuhan saja yang mereka bisa lakukan. kemudian ketika berbicara aktif disini, apa si harapannya buat para remaja jika mereka mampu menjadi remaja aktif? Emmm…pertanyaan bagus teman.. begini..dengan adanya peran aktif dari remaja, tentu saja secara pribadi akan meningkatkan rasa tanggug jawab dan kesadaran mereka untuk lingkungan di sekitar mereka. Dengan adanya kesadaran dan tanggung jawab inilah seorang remaja nantinya akan selalu berusaha memberikan dedikasinya pada lingkungan sekitar dan tentu itu akan meningkatan kepeercayaan diri remaja sekaligus meningkatkan harkat martabat diri mereka sebagai remaja. Sedangkan secara umum, peran aktif remaja akan meningkatkan pengembangan lingkungan sekitarnya bahkan bisa memberikan dampak positif terhadap permbangunan negara. Kenapa?? Jelas karena peran remaja lah yang kita harapkan nantinya, jika mereka sudah memiliki kesadaran dan tanggung jawab seperti itu, tentu akan sangat membantu generasi lama dalam membangun bangsa, selain itu kita juga harus tahu kodrat remaja sendiri di dalam sebauh negara, yaitu sebagai tulang punggung bangsa dan negara. Semakin aktif remaja, maka akan semakin maju negara kita nantinya. Peran remajalah yang kita butuhkan nanti, generasi baru, zaman baru, prestasi baru.

Kebiasaan remaja   Leave a comment


¶        pola sikap yang kurang wajar untuk remaja

ketika kita akan berbicara mengenai hal ini, coba dech kita renungkan dahulu seprti apa si gambaran sikap kurang wajar yang sering kali dilakukan oleh para remaja saat sekarang ini?? memprihatinkan kah?? Mengerikankah?? Jawabannya kembali ada pada diri kita sendiri selaku bagian dari remaja. Tetapi yang pasti, ketika kita akan berbicara mengenai sikap kurang wajar pada remaja, kita harus berbicara fakta yang ada sekarang ini. apa saja faktanya?? Tentu saja banyaknya kasus yang lebih cenderung pada kelakuan si remaja itu sendiri. Contohnya dari sisi seks bebas. Ada berapa banyak remaja yang ketangkap basah sedang melakukan hubungan seks bebas? Sudah sangat banyak, saaangat banyak. Dari yang ketangkap di kebun lah, di kontrakkan lah, di kost lah dan bahkan di tempat lokalisasi saja pernah ketahuan seorang remaja ketangkap sedang melakukan hubungan seks. Berita-berita di televisi sudah memberikan kita bayangan seberapa tidak wajarnya kelakuan para remaja kita sekarang ini. mereka pergi berdua dengan pasangannya, bukannya untuk berbuat baik malah berbuat buruk alias berbuat kurang sopan. Apakah itu yang seharusnya dilakukan remaja?? Jwabannya TIDAK. Mau ditaruh dimana muka kita sebagai calon penerus dan generasi muda?? Kalian harus tahu bahwa bukan itu yang seharusnya dilakukan remaja. Selain itu apalagi kasus yang menggambarkan kelakuan kurang wajar remaja sekarang?? Kita bisa lihat tawuran-tawuran pelajar yang masih sering banget terjadi di sekitar kita, perkelahian remaja, dan pengeroyokan. Para remaja, khususnya anak-anak sekolah sudah terbiasa dengan yang namanya tawuran, perkelahian dan pengeroyokan. Tapi apakah mereka tahu apa tujuan dari itu semua. Ternyata jawabannya adalah tidak. Banyak dari siswa yang ikut tawuran yang mengaku hanya ikut-ikutan saja tawuran tanpa tahu sebab dan tujuannya. Bukankah itu sebuah hal bodoh teman?? Tawuran hanya ikut-ikutan saja, bagaimana kalau misal ketika tawuran itu mereka terlluka bahkan meninnggal, apakah ada untungnya?? Beginilah pola pikir remaja sekarang ini, gejolak emosi mereka tidak pernah bisa diketahui dan dikontrol. Lagi-lagi disini kita harus benar-bear prihatin dengan para remaja. Seseorang yang akan memajukan bangsa justru ibertindak layaknya seseorang yang ingin mengahncurkan dirinya sendiri. Pantaskah??

Melihat kasus-kasus di atas memang kita harus menggali beberapa solusi yang mungkin akan membantu diri remaja untuk bisa bertindak sesuai kodrat mereka sebagai remaja. Memang untuk mengembalikan itu tidak mudah, disini peran orang tua sangat penting di dalam segi pendidikan. Orang tua diharapkan bisa panda-pandai mengarahkan anaknya untuk lebih cenderung bergabung kedalam tindakan-tindakan positif, orang tua mestinya selalu memberikan kontrol pada anaknya sehingga anak tidak bisa seenaknya sendiri melakukan apa yang mereka mau. Selain itu, kita sebagai remaja juga seharusnya memiliki kontrol diri yang kuat, sehingga diri kita bisa mengontrol emosi dan ego kita yang masih sangat labil di dalam urusannya dalam kehidupan. Dengan adanya kontrol yang kuat, maka kemungkinan untuk remaja bertindak hal positif sangat besar, karena mereka akan memiliki kesadaran untuk itu dengan sendirinya dan tentu saja itu akan sangat membantu proses rehabillitasi remaja yang gejolaknya melebihi kapasitasnya sebagai remaja.

Hmmmm….abiz berbicara serius soal masalah-masalah di atas, alangkah baiknya kita sekarang bersantai-santai buat ngebicarain jalan keluar lain yang bisa di ambil atau seperti apa sih remaja seharusnya, lewat beberapa kutipan di bawah ini. memang si masalah yang sudah disampaikan di atas mungkin cupup rumit untuk diselesaikan, tapi paling tidak ada sedikit gambaran mengenai remaja di dalam hal positifnya, sehingga kita tidak pusing hanya membicarakan permasalahan negatif para remaja. Huuuuh, akhirnya, ayooox kita masuk ke topik pembicaraan yang satu ini.

Remaja Sekarang   Leave a comment


 Apa si kebiasaan yang sekarang lagi seneng banget di gandrungi remaja..??

Aku yakin ini menarik buat dibahas fren, tahu kan kalo sekarang remaja udah banyak banget dipengaruhi sama yang namanya perkembangan zaman. Gak salah si emang kalau kita harus ikut perkembangan zaman. Tapi dibalik makna positif yang ada, yang mau dibahas disini itu tentu aja masalah yang kita hadapi pada remaja sekarang dengan adanya perkembangan zaman ini. masalah ini menjadi permasalahan yang serius untuk kita, bukan masalah yang gampang. Apalagi kita tahu sendiri kalau remaja itu penerus bangsa. Apa yang mau diharapkan dari para remaja kalau remaja itu sendiri masih mau terjebak dibalik efek negative perkembangan zaman tanpa mau tahu akibat and nyari solusi yang ada. Iya gak..??
Oia, perlu diketahui juga kalo kebanyakan remaja sekarang ini udah banyak yang cenderung beralih ke pola hidup barat. Mereka seakan udah gak peduli ama budaya Negara kita. Tahu sendiri kan, budaya Indonesia itu seperti apa. apalagi untuk daerah jawa, sopan santun jadi kunci utama untuk hidup disana. Tapi yang kita hadapi sekarang ini udah diluar itu. So gak ada salahnya kan kalo aku pengin bahas soal remaja di buku ini. untuk lebih jelasnya, aku udah bagi-bagi topic yang mau dibahas. Jadi ayox kita ke bahasan..