Archive for May 2011

Pendidikan di Indonesia   1 comment


Rapuhnya Pendidikan Indonesia

Pendidikan pada dasarnya adalah sebuah sarana atau wadah untuk menampung dan mewujudkan kualitas, bakat, kemampuan seseorang yang berguna untuk masyarakat pada umumnya. Di zaman yang sudah sangat modern ini, seseorang akan benar-benar mendapatkan cap sebagai orang yang tertinggal apabila tidak mengikuti “dunia” yang penuh warna ini. Bagaimana tidak, hampir segala bidang di dalam dunia ini ada cangkupannya di dalam pendidikan baik itu ekonomi, bisnis, kenegaraan dan lain sebagainya, karena pendidikan memasok ilmu yang sangat luas. Berkaitan dengan itu, pendidikan tentu saja memiliki peran penting di dalam pembangunan bangsa ini. Kita bisa menyatakan bahwa pendidikan merupakan jalan perantara negara pada umumnya dan kita pada khususnya untuk mencapai kesuksesan baik di dalam karir maupun dalam pembangunan negara ini. Meski pendidikan memiliki peran vital seperti itu, kita masih melihat banyak sekali problem yang menghambat sekaligus membatasi kita untuk memperoleh pendidikan yang sebaik-baiknya. Biaya, fasilitas, kualitas pendidikan, kualitas pendidik, kurikulum merupakan beberapa contoh hal signifikan yang menjadi problem di dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini. Sedangkan jika kita telaah, hal-hal itulah yang membuat pendidikan di negara Indonesia sangat memprihatinkan.

Sebagai contoh, Belum lama ini sebuah berita menginformasikan kondisi pendidikan di wilayah papua khususnya papua barat sangat memprihatinkan. Dimana fasilitas, pengajar dan kualitas yang sangat terbatas disana menjadi salah satu faktor penyebab pendidikan yang sangat terpuruk. Dalam liputannya, dilaporkan bahwa di sebuah daerah di papua barat masih banyak siswa SD yang “tidak mengenal huruf” atau buta huruf, dimana tenaga pengajar disana hanya 1 orang dengan fasilitas ruangan sangat memprihatinkan, bahkan bisa dikatakan seperti “kandang” yang tidak layak pakai untuk sarana pendidikan. Berikut adalah pernyataan liputan sebuah media yang meliput pendidikan disana. Wartawan Kompas Ichwan susanto dan Edna C pattisina ( Kompas, 12/5 ) yang menuliskan realitas sarana pendidikan di Papua, simaklah apa yang mereka tuliskan:

Sarana pendidikan sungguh sangat terbatas, lihat misalnya SD persiapan Gueintuy di Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, yang ada sekarang baru berupa sekolah di balai kampung, ruangnya juga tidak di sekat, jadi pembeda kelas I dan II berdasarkan susunan kursi plastik yang diatur sejajar dengan jarak pemisah tidak lebih dari 1 meter. Di sisi berlawanan, kursi juga diatur sejajar untuk tempat duduk anak kelas III.

Tak ada meja yang digunakan siswa putra-putri asli Papua itu untuk menulis. Mereka menulis hanya beralaskan pada paha masing-masing. ( Kompas, 12/5 )

Informasi lain yang perlu pembaca ketahui bahwa peringkat pendidikan Indonesia di dunia menempati peringkat 118 dari 177 negara pada peringkat “melek huruf dunia”. Hal ini seharusnya menjadi sebuah “dupakan” bagi pemerintah ketika mendengar dan melihat kondisi seperti ini. Bahkan selain hal tersebut sebelumnya, ada faktor sepele yang memberikan efek yang sangat besar terhadap pendidikan, yaitu biaya. Sudah menjadi persoalan lama, bahwa biaya merupakan salah satu faktor penyebab kurangnya minat pendidikan di Indonesia. Biaya yang tinggi, menjadi alasan para kaum menengah ke bawah untuk memilih tidak menyekolahkan anaknya, padahal ketika kita berbicara hak, setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi faktanya, hanya karena biaya yang sangat tinggi, banyak anak yang tidak mendapatkan haknya untuk mendapatkan sebuah pendidikan.

Hal lain yang perlu kita cermati dalam permasalahan ini adalah kurikulum pendidikan yang selalu berubah hampir di setiap pergantian menteri. Meski secara langsung tidak nampak efek dari kurikulum ini, tapi secara tidak langsung mempengaruhi model pembelajaran tenaga pendidik dan  anak didik. Perubahan yang selalu dilakukan ini sangat tidak efektif jika diterapkan di dalam pendidikan di Indonesia karena sama sekali tidak mengubah kondisi pendidikannya tetapi hanya perubahan model saja. Tetap hasilnya nihil. Kemudian satu lagi yang perlu diperhatikan adalah metode yang digunakan di dalam sistem pendidikan di Indonesia. Metode pembelajaran di dalam dunia pendidikan seharusnya memperhatikan 2 aspek, yaitu kognitif dan afektif. Dua aspek ini sangat berkaitan di dalam metode pembelajaran, dimana ketika hanya salah satu aspek saja yang berjalan, maka metode yang digunakan belum bisa menghasilkan apa-apa. Sedangkan di Indonesia sendiri, masih mengandalkan 1 aspek saja atau bisa dikatakan hanya 1 aspek saja yang selama ini ditekankan di dalam metode pembelajaran yaitu aspek kognitif. Ini berarti bahwa anak didik pada dasarnya hanya mampu untuk berpikir saja tanpa mau merasa apakah itu benar atau salah dan perlu atau tidak sebuah materi yang diberikan. Ini yang menyebabkan metode yang digunakan selama ini belum bisa menghasilkan apa-apa.

Berbicara mengenai pendidikan di negara kita, hal terpenting untuk kita pelajari adalah bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi masalah-masalah yang sudah ada tersebut. Disini penulis menguraiakan beberapa solusi yang diharapkan bisa membantu mencari jalan keluar untuk menghadapi problem yang ada.

  1. Perbaikan kualitas

Peran yang sangat dibutuhkan disini adalah peran dari pemerintah, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Tinjauan langsung dari pemerintah ke daerah terpencil seharusnya dilakukan untuk meninjau kondisi sarana dan prasarana di suatu wilayah, dengan harapan adanya perhatian khusus dari pemerintah untuk turun tangan apabila nantinya didapati fenomena negatif yang mempengaruhi suasana pendidikan di wilayah tersebut, seperti fasilitas yang kurang memadai, tenaga pengajar yang terbatas dan lain-lain, sehingga pemerintah dengan cepat bisa menanganinya. Namun tidak hanya itu saja, kita sebagai objeknya pun perlu berusaha untuk selalu mengembangkan dan memanfaatkan fasilitas yang ada ketika sudah ditangani nantinya.

  1. Manajemen dana

Maraknya pemberitaan mengenai rencana DPR untuk membangun gedung baru, menarik perhatian penulis untuk berpendapat bahwa alangkah baiknya dana yang akan dikeluarkan untuk pembangunan gedung tersebut digunakan untuk membenahi sarana dan prasarana juga fasilitas dalam dunia pendidikan di berbagai wilayah yang benar-benar membutuhkan perubahan besar. Karena pada dasarnya, pembangunan negara yang sudah mulai tertata ini bergantung pada kualitas pendidikan yang diberikan kepada calon penerus bangsa. Semakin baik kualitas yang diberikan, semakin baik pembangunan bangsa nantinya.

  1. Belajar dari negara lain

Belajar dari negara lain yang termasuk kategori maju dalam dunia pendidikan khususnya, seperti Finlandia. Finlandia menempati peringkat pertama kualitas pendidikan. Ini bisa menjadi perbandingan dan motivasi untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia.

Beberapa solusi tersebut hanya sebagai sebuah pandangan yang diharapkan dapat memberikan jalan keluar untuk menangani beberapa permasalahan yang sudah hampir mendarah daging di dalam pendidikan di Indonesia demi kemajuan pendidikan itu sendiri.

Pendidikan yang sangat memprihatinkan di negara kita selayaknya mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan tentu saja dari diri kita sendiri untuk senantiasa berusaha memperbaiki kiualitas diri sendiri dan juga pendidikan demi terwujudnya kualitas diri yang lebih baik dan pembangunan negara yang lebih baik pula untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Advertisements

menjelajah internet dengan modem berkualitas   Leave a comment


internet sudah menjadi barang biasa yang ternyata menjadi sebuah kehidupan kita saat sekarang ini. bagaimana tidak, hmpir semua hal bisa kita lakukan di internet. dari hal yang sepele seperti hanya sekedar browsing, sampai berbisnis untuk mendapatkan uang bisa kita lakukan hanya dengan browsing internet. contohnya saja blog. blog bisa kita ubah menjadi sebuah bisnis untuk menghasilkan uang, asal kita bisa membuat sedemikian rupa sehingga pembaca banyak yang melihat blog kita. itu hanya contoh kecil saja. di zaman yang sudah sangat maju ini keberadaan internet sudah bisa dijadikan sebagai alat bisnis dalam perbelanjaan. kita sudah bisa berbelanja hanya dengan browsing internet, tentunya dengan cara yang sudah diterapkan sedemekian rupa.

Nah bagaimana caranya agar kita bisa browsing internet dengan mudah tanpa harus ke warnet dan ke tempat hotspot yang mana tidak semua tempat ada??

tentu, keberadaan modem disini sangat diperlukan. karena dengan modem kita bisa browsing internet dimana saja asla jangkauan terjangkau oleh jaringan yang tersedia. modem akan menjadi barang yang akan meledak di pasaran nanti, dengan melihat fungsi yang seperti itu. dengan kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan denan  modem, alangkah baiknya kalau kita menjelajah dunia internet dengan menggunakan modem. sudah banyak sekali modem yang tersedia di pasaran, tinggal bagaimana anda pintar2 untuk memilih.:-)

makan ikan sungguh enaknyaaaaaaa   Leave a comment


makan ikan sungguh enaknyaaaaaaa………

Posted May 1, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in status

Tagged with

  Leave a comment


Jika kita mencintai seseorang, kita akan sentiasa mendoakannya
walaupun dia tidak berada disisi kita..!!

keren abis..
orang yang menghina cinta..
mereka itu adalah orang yang tidak merasakan kerunia tuhan..
ataw karna di kecewa kan oleh cinta..

Bukan laut namanya jika airnya tidak berombak, bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka,
bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merasa rindu dan cemburu.

Cinta bukanlah dari kata-kata tetapi dari segumpal keinginan diberi pada hati yang memerlukan.
Tangisan juga bukanlah pengobat cinta karena ia tidak mengerti perjalanan hati nurani

Kecewa bercinta bukan berarti dunia sudah berakhir. Masa depan yang cerah itu  berdasarkan pada masa lalu yang telah dilupakan. Kamu tidak dapat melangkah dengan baik dalam kehidupan kamu
sampai kamu melupakan kegagalan kamu dan rasa kekecewaan itu.

Dalam sebuah percintaan, janganlah kamu sesali perpisahan tetapi sesalilah pertemuan.
Karena tanpa pertemua tidak akan ada perpisahan. Menikahlah dengan orang yang lebih mencintai diri kita
daripada kita mencintai diri orang itu. Itu lebih baik daripada menikahi orang yang kita cintai tetapi tidak menyintai
diri kita karena adalah lebih mudah mengubah pendirian diri sendiri daripada mengubah pendirian orang lain.

Kata pujangga ; Cinta letaknya di hati, meskipun tersembunyi, namun getarannya jelas sekali. Ia mampu mempengaruhi fikiran sekaligus mengendalikan tindakan kita sehingga kadangkala kita melakukan hal terbodoh tanpa kita sadari.

Kata kata halus yang keluar saat kita tersakiti itu lebih menyakitkan dibandingkan kata kata kasar yang terucap saat seperti itu.

Ini cerita d awal aku ngrasa suka sama orang(cwex tentunya..)..i2 2h tepat udah mulai pendaftaran mahasiswa baru( maklumlah aku kn lulus SMA..cihuuii.. )saat itu aku bner2 dah fren,lum tahu apa i2 pacaran..gimana si pacaran..apa si tujuan aku pacaran..itu 2h lum da d benak aku..

Crita’a 2h aku klo ktemu dia  grogii…yaaa intinya klo aku ktemu dia 2h pikiranna udh Cuma diaaaa aja..nyampe jalanpun kpikiran dia, sampe2 da tiang listrik aku tabrak jga..hheee..(lebaaaayy)..pokoknya i2 lah fren..namana jg jatuh cinta, tentunya tmen2 jga udh pnah dnx jatuh cinta..??cinta monyet lah, cinta dini lah to apa lah yang penting udh pernah..iy kn..??okee lanjut..

sampe akhirna aku brusaha bwt dketin diaa..beribu cara dc aku cba bwt dketin dia,,jurus terjitu aku keluarin..yang penting khalal..hihii..

ini nih fren yang kaya aq tulis tadi di atas kalau lagi cinta itu apapun bakal dilakuin.. walaupun gak tahu dirinya sebenernya mampu apa gak..

aku cba mnta no hp dia ( PDKT )..walopun sbenernya dia tmen skelas aku tapi aku 2h sampe gk tahu no hp dia..yaa maklumlah fren, kita 2h dket tp jauh..(lho gmna,,??mesti kpikiran gt kn,,??hehee..)..jd gt fren, kita 2h kya gk knal..rugi aku..

di kelas jg aku dieemm..gk tahu yg mesti dilakuin..hmm..sampe akhirnaa..saat itu da tmen blang klo dia mw daftar d salah satu perguruan tinggi yang aku jg mw daftar sna..aku pikir i2lah ksempatan aku dketin dia..saat itu pndaftaran dimulai n aku dteng dc kesana,,tryata dia udah da dsna lho fren..uh bhagya’a aku..nah yg bkin aku sneng lagi tuh dia nyambut aku, gk aku sangka sama sekali..dunia kaya muter dc..( emang muter ye fren.. ). Mulai dri stu aku jadi tambah akrab ma dia. Sneng bgt rasana bisa ngbrol ma dia, yang tadinya diem2an eeee skrang mlah bisa gni..waaahh God..

skarang aku ma dia udh gk da lagi diem2an..yg ada saling perhatian(cieeee..) antara aku ma dia. Cba tmen2 rsain lo tmen2 jd aku..bisa kan rasain gmana sensasi’a..??i2 jg yg aku rsain..cinta memang seperti itu, ada rasa yang gak biasa dalam diri kita.

abiz i2 hri pun bganti, kisahpun smakin berganti pula..( untung’a gntinya jd tambah baik..). sampai suatu hari pengumuman dimulai n alhmdlah kita berdua masuukk..(horeee) Cuma kita beda jurusan, tapi gk papa lah yang penting kita bedua masuk. Dari situ hbungan aku ma dia bner2 udh duwekeet buanget..hm i2 yg aku mw fren. Sampe akhirna kita ospek(bukan pengkerocoan bukan lho yaa..)hmm wah dsitu 2h aku sering bgt ketemu dia n aku 2h sbenerna pgen bgt ungkapin lo aku 2h syang ma dia. Tapi fren aku bner2 minder, aku gk pcaya lo aku 2h bisa dapetin dia..i2 yg ngrusak pcaya dri aku. Unek2 yang da dhati aku 2h bner2 ngganggu pikiran aku. Lama aku mendam perasaan kya gt fren, rsana sakiiiit bgt, palagi klo lyat diaa lagi sama co lain, haduuuh pgen aku makan 2h nasi..heheee..pokokna 2h gundah gulana, gelisah, resah, itu tu jadi 1 rsanya fren.

Naaahh bulan puasa pun dateng fren..adeeeemmm rsanya. Dsitu tuh aku pya niat klo aku mw nembak dia, tepat dhari ultah dia fren. Tapi apa coba yang aku dapetin. Gni…saat itu tuh abiz tarawih aku smsan sma diaa kan, nah kita tuh cerita2 soal masa lalu kita..

“herr..” diaa manggil aku critanya.. “her pa km masih suka sma N( bukan nama sebenarnya)..??” ni dia mulai Tanya k aku.. “y ampuun tya, aku 2h udh gk da sma sx rsa ma dia..aku anggap dia cma tmen aj” penjelasan dari aku ni.. “bner kan..??” dia nyoba ngyakinin drinya nih aku rasa.. “iy tya..aku tuh skrg lagi syang bgt ma cewex..i2 tya..akua pgen bgt ngikat ini ma tya..tya mw kan jaga hati tya bwt aku..?” ni aku nekat ungkapin fren.. n apa yang dia jawab.. “iy..aq mw jaga hati aq bwt km..tp tlong djaga yaah..??”.. waaaaaahhhhhhh hati aku meledak dc.. gk nyangka bneran freenn..

Esoknya kita ngejalanin 2h apa yg byasa org blang pacaran. Rasanya si mlah kya byasa aj bwt awal’a..tapi steah beberapa hari berlalu, udah mulai ngrasa da yang beda dari byasa’a..dri yg byasa’a apa2 sndiri, skarang dteng dc si ce..i2 beda’a..tapi itu untuk beberapa hari..setelah beberapa bulan berlalu, aku udah mulai mikir untuk apa aku pacaran, pa untung’a dri aku pacaran ini..

Posted May 1, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in My Mind (Curhatanku)

Cinta Sang Penulis Cerpen   Leave a comment


Cinta Sang Penulis Cerpen

 

Ini cerita disaat Alvin-seorang penulis novel muda-yang udah ngejalanin apa yang biasa orang sebut dengan pacaran. Alvin udah ngejalanin hubungan ini selama hampir setahun dengan pasangan Alvin. Dari perjalanan setahun ini banyak banget hal yang bisa Alvin buat pelajaran. Oia dalam perjalanan cinta itu Alvin percaya kalau sebuah hubungan itu gak akan selamanya baik baik aja, kadang kita di hadapin sama masalah, baik itu hanya masalah kecil maupun maslah yang gede sekalipun. Tapi disini Alvin juga belajar untuk mengerti kalau masalah yang Alvin hadapin itu sebuah pembelajaran buat Alvin and pasanganku. Ngejalanin hubungan kaya gini itu ternyata gak mudah, banyak hal yang harus kita hadapi. Tapi ini proses pendewasaan kita dalam menyelesaikan masalah.

Alvin ngikat janji ama cewek, namanya Katy. Kalo boleh dibilang itu, ini kisah cinta Alvin yang pertama ma cewek. Alvin baru pernah ngrasain rasa sayang sedalam ini sama cewek. Jujur aja Alvin dulu pernah punya cewek, tapi itu dulu waktu Alvin masih SMP. Bisa dikata itu tuh cinta cintaan, kenapa Alvin bilang gitu..?? Alvin ngrasa suka sama cewek, tapi Alvin gak tahu apa yng bisa Alvin lakuin buat dia and setelah Alvin berumur sekarang ini, Alvin baru ngrasa kalau dulu Alvin itu hanya kagum, soalnya Alvin sama sekali belum punya tanggung jawab. Gak ada hal yang bisa dipertanggung jawabin. Itu kenapa Alvin bilang itu cinta cintaan. Sekarang ini Alvin lagi ngrasain yang namanya cinta, Alvin bener bener ngrasa kalau alvin punya tanggung jawab buat jaga dia, nglindungi dia semampu Alvin. Alvin baru pernah ngrasain perasaan kaya gini. Rasa tanggung jawab Alvin begitu besar, sampai sampai Alvin punya pikiran untuk selalu ada bersama dia. Tapi yang Alvin pikirkan sekarang ini, Alvin pacar dia and Alvin belum berhak sepenuhnya atas  dia, jadi Alvin harus bisa nempatin diri Alvin sendiri sebagai pacar. Tapi yang Alvin rasain sebagai pacar, itu gak segampang kaya pa yang qt harapin saat kita lagi PDKT atau saat qt mulai deket ma seseorang. Memang bener cinta itu indah, Alvin setuju dengan pernyataan itu. Tapi setelah Alvin ngejalanin ikatan cinta, kini Alvin tahu ternyata cinta itu hitam and putih. Cinta itu indah saat kita bisa bersama baik dalam menyelesaikan masalah and mengambil keputusan, Juga disaat kita bisa merasakan keberadaan dia meski dia tidak ada disamping kita.

Selama perjalanan cinta Alvin ini, Alvin banyak belajar dari masalah yang Alvin dapetin bareng sama pacar Alvin. Banyak pengalaman yang Alvin ambil untuk ke depan lebih baik, untuk Alvin and pacar Alvin tentunya. Karena Alvin gak bisa lari dalam masalah, setiap masalah yang Alvin sama pacar Alvin hadapin itu memang harus Alvin selesein bareng and harus kita putusin gimana Alvin sama pacar Alvin selesein. Ini yang bisa Alvin jadiin pelajaran selama Alvin jalanin pacaran sama pacar Alvin.

Tentunya, masalah yang Alvin hadapin itu gak Cuma satu atau dua ya, banyak masalah yang ada di tengah tengah hubungannya ma pacar Alvin.  Bahkan hal terkecil saja bisa menjadi masalah kalau Alvin  gak sigap atau menganggap itu enteng. Sebuah pembelajaran untuk Alvin untuk selalu berpikir dalam menanggapi sebuah hal yang bisa menjadi masalah.

Alvin tahu setiap masalah yang Alvin hadapin itu tugas bareng buat Alvin n pacar Alvin and itu sebuah cobaan yang memang sedang menggiring kita, apakah kita akan mampu untuk menyelesaikan atau tidak. Alvin yakin kalau masalah yang hadir itu baru seititik noda yang belum apa apa kalau dibandingkan dengan masalah yang mungkin akan terjadi saat Alvin berumah tangga nanti.

Alvin juga sadar kalau hubungan pacaran itu gak selalu bisa menyenangkan, tapi dalam hal ini pacaran bisa memotivasi Alvin untuk hidup lebih baik lagi. Kenapa..? karena dengan masalah itu juga Alvin belajar untuk selalu bisa mengatasi sebuah hal atau masalah dalam hidup. Tentunya itu gak lepas dai pacar Alvin, dia yang menjadi kunci dalam hati Alvin untuk selalu menjaga apa yang udah kita jalanin ini, and dia lah yang selalu menjadi motivasi Alvin saat capek menghadapi sebuah hal.

Setahun dalam sebuah hubungan pacaran juga bukan umur yang pendek, yang gitu aja kita bisa lewatin. Tapi perlu yang namanya pengorbanan, bukan hanya pengorbanan si cowok buat si cewek atau sebaliknya, ini pengorbanan bareng diantara keduanya yaitu Alvin sama pacar Alvin.

Dari semua itu, Alvin menuliskannya dalam goresan tinta kecil, hingga sebuah cerpen berhasil Alvin tulis. Cerpen yang berjudul “Cinta Sang Penulis Cerpen”.

Posted May 1, 2011 by Heryan Ardhi Kusuma in My Mind (Curhatanku)